Tips Menjaga Kesehatan Motor
astramotor.co.id

6 Tips Menjaga Kesehatan Motor Kesayangan

Tips Menjaga Kesehatan Motor Halo sobat IDN Pintar! Setiap orang tentunya memiliki kendaraan yang disayang seperti anak sendiri apalagi jika cara mendapatkan motor tersebut banyak sejarahnya. Tentu saja saat kita sayang pada sesuatu kita akan menjaga dan merawatnya dengan sepebuh hati. Lalu, apa saja sih tips menjaga kesehatan motor agar tidak cepat rusak?

Tentunya banyak sekali cara membuat motor agar tetap terjaga. Misalnya saja kamu mengganti oli secara rutin, memeriksa keadaan aki, memeriksa kondisi ban dan masih banyak lagi.

Jika kendaraan dipakai setiap hari biasanya kotoran juga akan cepat menumpuk apalagi dipakai jalan di jalan yang berdebu dan semacamnya. Misalkan motormu dipakai untuk bekerja, seperti ojek online. Agar lebih menarik perhatian dan membuat nyaman penumpang, haruslah kita membersihkannya secara rutin.

Nah, IDNPintar akan memberikan informasi mengenai tips menjaga kesehatan motor agar motor kesayangan kamu lebih terawatt dan bisa lebih lama terjadi kerusakan. Untuk penjelasan lebih lanjut, mari simak ulasannya di bawah ini.

Tips Menjaga Kesehatan Motor

Tips Menjaga Kesehatan Motor
pikiran-rakyat.com

Pengguna sepeda motor memang terbilang sangat banyak di jalanan Indonesia. Mengapa sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang diminati masyarakat? Karena selain harganya yang tidak terlalu mahal, sepeda motor juga salah satu kendaraan yang bisa dengan mudah menyalip saat ada kemacetan. Jadi, bisa lebih cepat sampai dikeadaan jalanan yang rawan macet.

Sepeda motor sendiri memiliki banyak sekali model. Nah, model inilah yang menjadi pilihan utama saat akan membeli motor baru. Para pembeli biasanya akan melihat lihat model yang sedang tren pada zamannya, warna dan merk juga menjadi salah satu pertimbangan.

Baca Juga :   Tips Beli Motor Bekas Terjamin dan Terpercaya

Lalu, ketika motor kesayangan kita rusak, mudah mogok, dan kotor apakah kamu akan nyaman menggunakan motor seperti itu? Terlebih lagi, ketika motor kesayangan rusak, kita jadi menambah pengeluaran dengan membayar biaya servis, naik transportasi umum dan masih banyak lagi.

Nah, oleh karena itu pada artikel kali ini IDNPintar akan memberikan informasi mengenai apa saja tips menjaga kesehatan motor agar tetap terawat, terjaga dan terhindar dari kerusakan mulai dari kerusakan kecil hinggan kerusakan yang sudah sangat parah.

Untuk informasi lebih lengkapnya, mari simak ulasannya di bawah ini.

Jadwal Ganti Oli Harus Dilakukan Rutin

Tips yang pertama yaitu kamu harus mengganti oli mesin motor kamu secara rutin. Mengapa? Karena jika tidak kerusakan mesin akan terjadi. Biasanya yang jarang mengganti oli adalah kaum perempuan. Bukan tanpa alasan, tapi karena mungkin belum tahu.

Jika kamu ingin motor kesayangan kamu terawat dan terjaga dari kerusakan mesin, tentulah kamu harus membawa motormu ke tempat servis untuk dilakukan ganti oli motor. Oli ini menjadi pelumas mesin motor. Oli pun mempunyai fungsi lain yaitu bertujuan untuk mendinginkan mesin ketika mesin sedang berjalan.

Maksimalnya, kamu bisa mengganti oli 2 bulan sekali. Namun itu balik lagi kepada seberapa sering kamu menggunakan sepeda motor kesayangan kamu. Jika penggunaan motor terbilang sering, bisa jadi penggantian oli bisa dilakukan sebulan sekali.

Jadi, jangan lupa untuk rutin mengganti oli sepeda motormu ya sobat!

Periksa Aki Sepeda Motor

Berikutnya tips merawat motor lainnya adalah harus rajin memeriksa aki pada sepeda motor. Aki merupakan komponen yang memberikan daya kelistrikan pada sepeda motor. Jenis aki sendiri ada 2 yaitu aki kering dan aki basah. Meskipun begitu kamu jangan malas untuk memeriksa kondisi aki pada motor kesayangan kamu.

Baca Juga :   Tips Beli Motor Bekas Terjamin dan Terpercaya

Adapun tips untuk merawat aki basah yaitu dengan mengganti air akinya. Dan untuk aki kering yaitu kamu bisa mengisi daya dengan menghubungkannya dengan alat khusus atau biasa disebut cas aki. Tapi kamu tidak perlu khawatir, jika kamu tidak lalai dan menggunakan sepeda motormu secara benar, akinya bisa terawat dan terhindar dari kerusakan.

Penggunaan Lampu Motor Bergantian

Biasanya pengguna sepeda motor yang memiliki lampu yang tidak bisa diatur on off nya cenderung akan menggunakan lampu dekat saat berkendara baik malam ataupun siang. Sebenarnya ini termasuk kesalahan yang fatal loh sobat. Mengapa? Karena ketika penggunaan satu lampu secara terus menerus, lampu bisa habis atau memendek. Nah, maka dari itu kamu dianjurkan untuk menggunakan lampu jauh saat pagi atau siang hari dan menggunakan lampu dekat saat berkendara di malam hari. Dengan begitu, lampu sepeda motor kesayanganmu akan lebih terawat.

Memeriksa Ban Sebelum Berkendara

Tips menjaga kesehatan motor yang berikutnya adalah memeriksa keadaan ban sebelum mulai berkendara. Periksa jika ban motor tidak kekurangan angin, tidak bocor atau pun pecah. Karena ketika kamu berkendara dan ternyata ban mengalami pecah yang cukup parah dan masih dipaksa dipakai untuk berjalan maka jangan menyesal jika nanti velg banmu akan ikut rusak.

Memang, jarang terjadi pecah ban di rumah. Namun, ini adalah salah satu cara agar semua komponen ban tidak rusak juga menghindari terjadinya kerusakan parah.

Rajin Mencuci Atau Mengelap Motor

Tips menjaga kesehatan motor yang berikutnya adalah kamu jangan malas untuk mencuci atau hanya sekedar mengelap motor kamu. Karena kotoran yang menempel bisa masuk ke celan – cela motor sehingga bisa terjadi mampat dan rusak. Apalagi motor yang sudah banyak kotoran seperti tanah liat atau semacamnya namun tetap tak kunjung dibersihkan maka jangan heran jika motor tiba tiba saja mogok.

Baca Juga :   Tips Beli Motor Bekas Terjamin dan Terpercaya

Kamu akan lebih nyaman bukan jika berkendara dengan motor yang bersih. Kamu juga akan lebih pede membawa motor yang bersih dari pada motor yang kotor. Kamu bisa membawa motormu ke tempat cuci motor atau mencucinya sendiri agar lebih hemat biaya dan sekalian olahraga.

Melakukan Servis Rutin

Tips yang terakhir yaitu kamu juga harus bisa mengusahakan membawa motor kamu ke tempat servis secara rutin. Bisa 2 sampai 3 bulan sekali.

Membawa motor ke tempat servis ini akan membantumu menghindari kerusakan yang tidak diketahui dari mana asalnya. Orang servis akan mengecek keadaan dan kondisi motor kamu apakah mengalami kerusakan atau tidak.

Jika seandainya motormu mengalami kerusakan kamu tidak perlu lagi baru harus pergi ke tempat servis untuk memperbaiki motormu. Tukang servis akan otomatis memperbaikinya apabila terjadi kerusakan. Hal ini juga meminimalisir terjadinya kecelakaan seperti rem blong dan sebagainya.

Nah, itulah tadi informasi mengenai tips menjaga kesehatan motor kesayangan. Mulai dari rajin mengganti oli, rajin memberihkan motor hingga membawa motor kesayangan ke tempat servis. Hal – hal di atas tentunya mudah untuk dilakukan asal ada niat dan tekat untuk terus memperhatikan keadaan motor kamu loh sobat.

Bagikan ke teman teman kalian jika artikel ini bermanfaat dan membantu. Kebaikan anda solusi untuk mereka. Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan artikel ini. Terimakasih semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *