apa itu bitcoin
cnbcindonesia.com

Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Bitcoin / Bagaimana Cara Kerja Bitcoin / Cara Membeli Bitcoin  Halo sobat IDN Pintar! Apakah belakangan ini kalian sering mendingan istilah bitcoin? Sebenarnya apa itu Bitcoin? Bagaimana sih cara kerjanya? Aplikasi apa saja yang bisa menghasilkan bitcoin ini?

Nah, IDNPintar akan membahas lebih lengkap mengenai Apa itu bitcoin, cara kerja dan aplikasi yang bisa menghasilkan Bitcoin ini. Untuk itu, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Bitcoin?

Apa Itu Bitcoin
bisnis.tempo.com

Bitcoin merupakan uang elektronik yang sudah dibuat pada tahun 2009 yang lalu oleh Sathosi Nakamoto. Bitcoin ini sendiri dihubungkan dengan software atau perangkat lunak yang Sathosi rancang sendiri. Yang membuat Sathosi Nakamoto ini semakin keren adalah karena softwarenya di buat dengan menggunakan jaringan peer-ke-peer. Maksudnya adalah jaringannya tanpa penyimpanan terpusat atau biasa dikenal dengan administrasi tunggal.

United States Department of the Treasury atau Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebutkan bahwa Bitcoin merupakan mata uang yang terdesentralisasikan. Bitcoin ini tidak bergantung pada siapa penerbit utamanya karena Bitcoin tidak seperti mata uang pada umumnya. Itulah sekilas informasi mengenai apa itu Bitcoin.

Selanjutnya IDNPintar akan membahas sejarah, cara kerja dan bagaimana cara untuk membeli Bitcoin ini.untuk penjelasan lebih lengkap mari simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Bitcoin

Bitcoin pertama kali dideskripsikan pada tahun 1998 oleh Wei Dai yang menyebutkan bahwa Bitcoin merupakan implementasi awal dari mata uang kripto atau disebut cryptocurrency.

Kemudian perusahaan tersebut membuat website dengan domain Bitcoin.org yang sduah terdaftar sejak 18 Agustus 2008. Domain mereka di proteksi oleh WhoisGuard. Mengapa? Karena dimaksudkan informasi yang ada yang mana berisikan identitas pengguna bukanlah untuk konsumsi atau informasi public.

“Saya telah mengerjakan sistem keuangan elektronik baru yang sepenuhnya peer-to-peer, tanpa pihak ketiga,” yang hal tersebut diumumkan oleh Satoshi Nakamoto pada milis Kriptografi di metzdowd.com pada 31 Oktober 2008. Block pertama Bitcoin diluncurkan pada 3 Januari 2009 yang mana itu berarti sebuah pernyataan, petunjuk atau sebagai penanda. Para pengguna mata uang kripto ini sangat yakin jika hal yang disampaikannya merupakan pernyataan khusus dari Satoshi sang pembuat Bitcoin ini beberapa saat setelah ada berita di surat kabar ‘The Times: Chancellor on brink of second bailout for banks’ yang juga dirilis pada tanggal yang sama.

8 Januari 2009 versi pertama dari software Bitcoin ini diumumkan di milis Kriptografi dan besoknya Blok 1 ditambang dan penambangan langsung berjalan hari itu juga dan masih berlangsung sampai hari ini.

Bahkan, di tahun 2021 ini banyak masyarakat yang turut serta menggunakan perangkat lunak milik mereka, membeli Bitcoinnya dan melakukan banyak hal dengan aplikasi mereka. Sungguh kesuksesan yang mengagumkan ya sobat.

Cara Kerja Bitcoin

Jika tadi kita sudah membahas apa itu Bitcoin dan juga sejarahya, waktunya kita masuk ke bagaimana cara kerja Bitcoin ini. Nah untuk penjelesan lebih lanjut mari simak ulasannya di bawah ini.

Jika kamu adalah pengguna baru tentulah hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meng-install wallet Bitcoin di ponsel ataupun komputer kamu. Ketika kamu sudah install dan membuka aplikasi ini, kamu akan otomatis membuat alamat Bitcoin. Alamat Bitcoin ini sama halnya dengan alamat email, kamu bisa sharing alamat Bitcoin kamu kepada temanmu atau bahkan orang lain sehingga bisa membuat symbiosis mutualisme yang mana mereka bisa membayar begitu juga sebaliknya. Adapun hal yang harus kamu ketahui yaitu lebih baik jika alamat Bitcoin ini hanya dipakai sekali saja.

Bitcoin sendiri memiliki rantai- blok atau yang biasa disebut blockchain yang mana rantai-blok ini merupakan catatan transaksi public tempat Bitcoin bersandar jadi, jika kamu telah melakukan transaksi maka saat sudah dikonfirmasi maka akan otomatis tersimpan di blackchain ini. dengan begitu wallet Bitcoin ini bisa menghitung transaksi juga sisa uang yang bisa dibelanjakan.

Wallet Bitcoin disebut seed atau kunci pribadi yang mana kegunaannya untuk menyimpan data yang rahasia yang kemudian saat melakukan transaksi ditanda tangani yang berguna sebagai bukti bahwa transaksi yang dilakukan adalah benar oleh sang pemilik wallet. Private Keys adalah alat transaksi untuk transfer nilai antar wallet Bitcoin yang kemudian dimasukan ke dalam blockchain.

Kemudian pertambangan merupakan sebuah sistem yang dipakai ketika antrian transaksi akan dikonfirmasi dengan memasukkannya ke blockchain. Tahapan yang satu ini akan otomatis membuat urutan mulai dari blockchain, melindungi netralitas jaringan dan memungkinkan perangkat lain untuk menyepakati sistem.

Transaksi dirangkai dalam blok yang mana agar bisa dikonfirmasi sesuai dengan aturan Agar dapat dikonfirmasi sesuai dengan aturan cryptocurrency yang kemudian sistem akan memverifikasinya. Kalian pernah mendengar istilah lotre? Ya, pertambangan ini persaingannya mirip dengan lotre yang juga mencegah setiap penggunanya menambah blok yang baru secara berurutan ke blockchain.

Cara Membeli Bitcoin

Banyak pendukung dari Bitcoin ini yang menyatakan dan percaya bahwa Bitcoin merupakan mata uang di masa depan nanti. Meskipun bank sentral dan pemerintah tidak mendukung adanya Bitcoin ini sebagai mata uang digital yang bisa menjadi alat tukar dengan mata uang tradisional. Tetapi fakta menariknya banyak calon investor yang tertarik terhadap nilai tukar Bitcoin terhadap dollar yang mana mereka tertarik pada investasi mata uang.

IRS menyatakan semua mata uang digital akan dikenakan pajak sebagai pajak properti bukan mata uang pada Maret 2014 lalu. Kerugian atau keuntungan dari Bitcoin ini terhitung sebagai laba / rugi modal dan persediaan Bitcoin ini akan terhitung sebagai laba / rugi biasa. Layaknya investasi lainnya, prinsip Bitcoin adalah beli rendah jual tinggi.

Bagaimana sobat, apakah kalian tertarik untuk melakukan investasi dengan Bitcoin ini? jika tertarik kami juga akan meberikan aplikasi Exchange Aset Kripto Bitcoin terbaik yang sudah berizin resmi Bappeti. Simak ulasannya di bawah ini.

Dua Aplikasi Exchange Aset Kripto Bitcoin

Indodax

Apa itu Bitcoin
financer.com

Indodax merupakan sebuah platform jual beli asset kripto terbesar yang ada di Indonesia. Indodax memiliki 4.289.938 anggota atau pengguna yang sudah terverifikasi. Disini kamu juga bisa membeli asset kripto Bitcoin, Ripple, Ethereum dan asset lainnya yang terpercaya karena aman dan mudah digunakan.

Layanan yang Indodax sediakan diantaranya :

  • Jual beli asset kripto
  • Biaya Trading dan Persentase Penarikan 0%
  • Transaksi 24 Jam

Rekeningku

Apa itu Bitcoin
help.rekeningku.com

Aplikasi berikutnya Rekeningku yang juga bisa melakukan Exchange Aset Kripto Bitcoin. Rekningku bisa diakses melalui aplikasi mobile di smartphone dan situs web. Ada satu fitur menarik yang ada di rekeningku ini yaitu Short-Selling yang bisa digunakan saat melakukan transaksi meskipun tidak memiliki saham.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Apa Itu Bitcoin / Bagaimana Cara Kerja Bitcoin / Cara Membeli Bitcoin dan aplikasi yang bisa melakukan exchange asset kripto Bitcoin. Semoga apa yang kami tuliskan di atas bisa menambah informasi kamu seputar Bitcoin.

Bagikan ke teman teman kalian jika artikel ini bermanfaat dan membantu. Kebaikan anda solusi untuk mereka. Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan artikel ini. Terimakasih semoga membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *