Apa itu IGTV

Apa Itu IGTV? Yuk Simak Cara Upload IGTV?

Halo sobat IDNPintar, ada yang tahu nggak apa itu IGTV? Ternyata ini adalah salah cara yang memungkinkan pengguna terutama sosial media instagram yang ingin mempromosikan produknya dengan cara yang jauh lebih kreatif.

Di masa sekarang yang serba di warnai kecanggihan teknologi serta kemudahan dalam mengakses informasi, apalagi untuk meningkatkan nilai jual produk. Maka instagram pun bisa sobat andalkan untuk marketing dan brand sebuah bisnis.

Mengingat juga bahwa instagram ini adalah platform media sosial yang populer di penjuru dunia terutama pada kalangan millenials. Tercatat hingga kuartal I-2021, dimana ada 1,07 Miliar  jumlah pengguna aktif instagram dan 354 juta pengguna berusia 25 hingga 34 tahun di seluruh dunia.

Dari sana kita ambil data dari kutipan dari statista.com bahwa Negara india menjadi pengguna instagram terbanyak di dunia yakni menyetuh angka 180 juta pengguna, sedangkan Negara Indonesia sendiri berada pada angka 93 juta pengguna.

Melihat itulah instagram memanfaatkan peluang itu sebaik mungkin dengan hadirnya fitur instagram TV ini. Tapi yang menarik perhatian kita kali ini yakni sangat di sayangkan sekali masih banyak pengguna yang belum memahami konten seperti apa yang seharusnya untuk ditayangkan di IGTV.

Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan setelah ini terkait apa itu IGTV?

Apa Itu IGTV?

IGTV atau Instagram TV adalah fitur instagram yang sengaja di desain untuk memudahkan penggunanya menonton video dari smartphone. Sebab dari kebanyakan aplikasi video mengharuskan anda untuk terlebih dahulu browsing atau mencari dulu melalui direktori. Tapi hadirnya IGTV membuat sobat dapat langsung menonton video. Pungkas CEO Instagram “Kevin Systrom”.

Fitur ini juga bisa dimanfaatkan oleh para influencers, brand dan semua pengguna instagram untuk membuat video dengan durasi yang lebih panjang dan juga bermanfaat bagi pengikutinya.

Sebanarnya fitur ini memiliki format yang sama dengan instagram story, bedanya hanya pada durasi video saja. Melalui IGTV akun instagram anda bisa mengunggah video berdurasu 1-15 menit dan pada beberapa akun yang sudah terverifikasi daoat mengufload durasi mencapai satu jamnya.

Selain dari itu juga fitur instagram TV ini akan mengklaim akun anda sebagai channels, jika anda membuat akun IGTV dan kemudian di minta untuk membuat channel baru. Dan nantinya channel tersebut langsung di hubungkan ke profil instagram.

Baca Juga :   Apa Itu Wifi? | Pengertian dan Cara Kerjanya

Lantas apa bedanya Instagram TV antara Youtube? Letaknya IGTV berfojus pada video-video vertikal saja. Ternyata instagram juga akan mencanangkan mengenai akan di letakkannya ads dalam fiturnya.

Mengapa Harus Menjadikan IGTV sebagai Sarana dalam Berbisinis?

Bagaimana sobat yang budiman, apakah penjelasan terkait apa itu IGTV sudah di rasa mengerti? Jika iya mari kita lanjut terkait pertanyaan yang timbul setelah pembahasan di atas terhadap alasan yang mengharuskan fitur instagram TV digunakan untuk menjalankan bisnis.

Sebab IGTV sudah di pastikan akan menjadi wadah dan sekaligus sarana para pelaku bisnis untuk ampuh dalam kemajuan berbisnis. Bukan tanpa alasan yang tak jelas, tapi adanya sobat IDNPintar simak beberapa manfaat yang di dapat dari fitur Instagram TV dalam bisnis anda, sebagai berikut:

  1. Terciptanya Komunitas Pelanggan

Hadirnya fitur Instagram TV ini memberikan kesempatan menjaring sebanyak-banyaknya audiens loyal yang nantinya akan berkembang menjadi sebuah komunitas.

Selaras juga dengan konsep community marketing, dimana brand anda akan aktif berkomunikasi dengan konsumen. Tujuan yang awalnya hanya akan membangun hubungan baik dengan komsumen untuk jangka panjang.

Tapi merambat ke meningkatkan kepercayaan sekaligus kesetian dari konsumen, meningkatkan brand awareness sampai mendapat masukan dan saran untuk arah perkembangan bisinis anda.

  1. Menaikan Penjualan

Selanjutnya ada manfaat yang tidak kalah pentingnya untuk kemajuan bisnis sobat setelah memahami apa itu IGTV? Instagram paham betul bahwa bisnis mempunyai taket penjualan ayng mesti di capai?

Nah disini anda perlu menyakinkan konsumen sampai ke tahap pembelian caranya dengan membuat konten promosi yang lebih spesifik. Contohnya review produk, tutorial atau demo produk secara detail tanpa bertele-tele.

Inilah kesan yang mesti di buat apa konten IGTV berupa mengajak konsumen berada tingkat keyakinan membeli produk atau jasa anda. Contohnya demo produk dari @scarlett_whitening.

  1. Meningkatkan Engagement dengan Konsumen

Engagement adalah yang penting di lakukan oleh pelaku bisinis agar terciptanya hubungan baik dengan calon konsumen. Caranya pun beragam yang dapat di lakukan.

Seperti membuat behind the scene pembuatan produk, konten yang berisi edukasi, diskusi bersama pakar atau bisa juga menerapkan berbagai jenis video marketing lainnya.

Manfaat lain dari kombinasi engagement dengan konten fitur IGTV ini ialah agar konten yang di buat anda nantinya di share oleh pengikuti loyal. Dengan begitu perannya bisa menjangkau konsumen lebih luas.

  1. Mengembangkan Branding Lebih Mudah

Salah satu yang membuat kita sama-sama belajar yakni fitur IGTV di hadirkan membuat kita sepenuhnya berkreasi melalui vidoe promosi. Isi videonya pun bisa beruapa dari topiknya atau pun aspek pendukung lainnya.

Baca Juga :   Apa Itu Hoax? Yuk Simak Pengertian dan Ciri-Ciri Hoax

Yang terpenting tersampainya pesan-pesan branding. Contohnya keterangan dari keunggulan produk, kenal karakter bisinis,product branding, corporate branding dan lain sebagainya.

Setiap channel yang di buat Cuma anda yang mampu mengatur setiap program siarannya. Misalnya minggu pertama tenatng review produk, lalu tentang series tips and trick.

Yang perlu di ingat semuanya juga perlu penyesuaian baik dari ciri khas bisnis, gaya bahasa, warna dominan, penggunaan logo dan lainnya.

  1. Cross Promotion

Ini yang terakhir dari manfaat Instagram TV dan yang sudah kita awali dengan pembahasan apa itu IGTV?? Teryata fitur ini tidak hanya sebatas promosi dan layanan saja.

Tapi bisa melakukan cross promotion ke medsos lainnya. Caranya cukup arahakan audiens IGTV ke beberapa platfrom bisinis anda seperti ke website bisnis, channel YouTube hingga event yang sering di adakan. Ini juga cara agar promosi bisnis anda lebih maksimal dengan beguti akan ada banyak konsumen yang mengenal produk mu.

Kunjungi Juga Yuk: Wajib Banget Baca Terkait Fitur Instagram Reels Sebagai Pesaing Tiktok!

Cara Upload IGTV

Membuat konten di Instagram TV lalu menguploadnya di akun instagram sebenarnya tidaklah sulit. Anda cukup ikuti langkah-langkah yang bakal di bagikan sobat IDNPintar di bawah ini.

  1. Menggunakan Instagram Bisnis

Apakah sobat tahu berapa peluang audiens bakal melihat produk baru melalui Instagram? Angka presentasenya sekitar 60% orang, masak iya nggak tertarik produk atau layanan anda di kenal banyak orang?

Ada baiknya akun sobat ialah instagram bisnis,sebab tidak hanya menunjukan kredibilitas saja tapi ada banyak fitu unggulan yang di hadirkannya. Seperti instagram ads, instagram insight, tombol kontak dan email serta kategori bisnis.

  1. Video IGTV yang Memenuhi Kriteria

Karena fitur Instagram TV ini ialah salah satu cara mempromosikan produk anda tentu harus di lakukan dengan maksimal untuk hasil yang baik juga, cukup paham sebatas apa itu IGTV?. Tentu tidak cukup ya sobat.

Berikut kriteria yang harus di penuhi langsung dari pihak instagram:

  • Durasi video minimal satu menit dan maksimalnya 15 menit jika mengunggah dari smartphone sedangkan 60 menit jika mengunggah dari web.
  • Jenis file video harus dalam format file MP4.
  • Resolusi dan ukuran video untuk video vertikal rasio aspek 9:16 dan video horizontal rasio aspek 16:9. Kemudian video harus memiliki frame rate minimal 30 FPS dan resolusi minimal 720 piksel. Serta ukuran file maksimal video berdurasi 10 menit dan sekurang-kurangnya 650 MB. Sedangkan yang berdurasi 60 menit maksimal 3,6 GB.
  • Ukuran foto sampul yang di sarankan instagram adalah 420px kali 654px/rasio 1:1,55
  1. Upload

Ini tahap terakhir sebelum upload konten IGTV anda dan cukup dengan langkah sederhana saja.

  1. Ketuk atau foto profil anda di kanan bawah untuk membuka profil instagram bisnis
  2. Ketuk di kanan atas, lalu pilih Video IGTV dan pilih video yang ingin diunggah. Selanjutnya ketuk Berikutnya di kanan atas.
  3. Ketuk dan geser gambar di bagian bawah untuk memilih gambar sampul atau ketuk Tambahkan dari Rol Kamera (iPhone) atau tambahkan dari Galeri (Android). Ketuk Berikutnya.
  4. Masukkan judul dan deskripsi opsional.
  5. Ketuk Posting ke IGTV di bagian bawah.
Baca Juga :   Apa Itu Instagram Reels? Fitur Baru Pesaing Tiktok?

Nah sebelum memposting video IGTV dan sudah cukup paham mengenai apa itu IGTV?, manfaat IGTV sampai pada bagaimana cara upload IGTV?, sobat juga bisa menambah kan ini:

Apa itu IGTV

  1. Mengetuk Tambahkan ke Serial jika Anda ingin menambahkan video ke serial IGTV. Untuk membuat serial baru, ketuk Serial Baru saja dan masukkan nama serial, lalu ketuk Buat. Ketuk Selesai di kanan atas.
  2. Ketuk di samping Posting Cuplikan untuk menampilkan cuplikan video anda di Beranda dan di profil instagram bisnis anda.
    • Cuplikan akan secara otomatis menampilkan 15 detik pertama video Anda.
    • Ketuk Edit Cuplikan untuk menyesuaikan cuplikan (opsi ini hanya untuk video vertikal dengan rasio aspek 9:16. Jika video Anda menggunakan mode layar lebar dengan aspek rasio 16:9, video akan ditampilkan secara penuh.) Ketuk Simpan di kanan atas.
    • Ketuk Edit Sampul Profil untuk menyesuaikan tampilan foto sampul IGTV di grid profil Anda. Ketuk Simpan di kanan atas
  3. Ketuk di samping Jadikan Terlihat di Facebook untuk membagikan video Anda ke Facebook dan Watch. Anda harus menghubungkan Halaman Facebook ke Instagram. Ketuk Selesai di kanan atas.
  4. KetukPengaturan Lanjutan, lalu ketuk di samping Keterangan untuk mengaktifkan keterangan video otomatis. Ketuk Selesai di

Tips Agar IGTV lebih Profesional

  • Curi perhatian lewat cover atau thumbnail
  • Perhatikan judul
  • Pakai hastag
  • Sediakan subtitle
  • Tanggapi setiap komentar
  • Maksimalkan juga fitur insight
  • Upload video secara konsisten

Jadi bagaimana sobat IDNPintar, apakah sudah dirasa paham terkait apa itu IGTV? Kemudian jika di rasa artikel di atas bermanfaat dan membantu anda. Anda baiknya menyebarkan kebaikan demi solusi bagi yang lain. Serta kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan kedepannya. Kurasa cukup sekian dan ucapkan terimah kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *