Cara Perpanjangan SIM online
Source : radarbogor.id

Belum Tau? Begini Cara Membuat SIM C Dengan Mudah

Halo Sobat Online! apakah kamu sedang mencari Cara Membuat SIM C? jika iya, kamu datang ke tempat yang tepat. Kali ini kami akan memberikan kamu Cara Membuat SIM terutama SIM C dengan mudah dan jelas.

Jadi tunggu apa lagi? mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat SIM C 

Cara Membuat SIM C
Source : lifepa;.co.id

Hal yang perlu dimiliki oleh semua pengendara adalah SIM. SIM juga memiliki banyak macam tergantung kendaraannya dan juga keperluannya, seperti SIM C yang digunakan untuk pengendara sepeda motor. Lalu pernahkah kamu berpikir bagaimana cara membuat SIM untuk motor bagi yang belum memilikinya? Apa saja prosedur dan syarat syarat yang diperlukan?

Cara ini biasanya dicari oleh pengendara motor yang baru memasuki umur 17 tahun keatas yang baru akan membuat SIM C karena ini merupakan syarat kelengkapan saat kamu mengendarai sepeda motor. Jika kamu merupakan salah satu orang yang mencari tutornya di Youtube atau Google, kamu datang ke tempat yang tepat. Dan inilah penjelasan yang cukup lengkap mengenai Cara Membuat SIM terutama SIM C.

Syarat Pembuatan

Sebelum kamu mengetahui bagaimana Cara Membuatnya, kamu perlu mengetahui syarat syarat yang diperlukan untuk melanjutkan proses pembuatan SIM C.

Ini karena saat akan membuat SIM memerlukan beberapa kelengkapan seperti kelengkapan administrasi. tidak hanya itu, kelengkapan ini juga menyangkut identitas kendaraan dan juga identidas pemohon SIM. Berikut syarat syarat yang diperlukan untuk membuat SIM C:

  1. Memiliki KTP
  2. kelengkapan formulir permohonan yang telah disediakan
  3. Sehat jasmani dan rohani, berpakaian rapi, dan memakai sepatu karena tidak diperkenankan untuk menggunakan sandal
  4. Lulus ujian yang dilakukan seperti ujian teori, praktik, dan keterampilan yang dilakukan lewat simulator.
Baca Juga :   Cara Perpanjangan SIM Online Mudah dan Cepat

Cara Membuat 

Cara Membuat SIM C
Source : Grid.id

Nah, setelah mengetahui syarat apa saja yang harus Sahabat penuhi untuk proses pembuatan SIM maka, saatnya membahas bagaimana cara membuat SIM agar kamu bisa lulus dengan baik dan benar. Dan tahapan-tahapan untuk membuat SIM C adalah sebagai berikut :

Menyiapkan Fotokopi KTP 

Cara pertama yang kamu butuhkan dan harus kamu lakukan adalah menyiapkan fotokopi KTP. KTP adalah syarat terpenting yang perlu ada dalam proses pembuatan surat pribadi sebagai kelengkapan.

Begitu juga dengan cara pembuatan SIM C, kamu perlumenyiapkan fotokopi KTP beberapa lembar sebagai syarat. Biasanya akan mudah untuk menemukan tempat tukang fotokopi di sekitar tempat pembuatan SIM C, dan kamu dapat memanfaatkan jasa tersebut.

Surat Keterangan Sehat 

Setelah fotokopi KTP, selanjutnya adalah menyiapkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Surat ini akan berfungsi sebagai kelengkapan administrasi sebelum mendaftarkan diri agar kamu bisa lulus dan bisa mendapatkan surat izin mengemudi. Dengan surat ini kamu akan dianggap mampu menggunakan kendaraan bermotor khususnya sepeda motor dengan benar tanpa ada masalah.

Kamu akan dapat membuat surat ini di dokter pribadi, klinik kesehatan, atau rumah sakit terdekat. Surat ini harus dibuat oleh dokter yang dapat memastikan kesehatan jasmani serta rohani pemohon SIM C.

Registrasi diri dan Formulir Pendaftaran 

Setelah 2 syarat diatas, cara selanjutnya yaitu silahkan kamu mengambil formulir permohonan pembuatan SIM C yang dapat kamu lakukan di kepolisian resort terdekat.

Kamu juga akan diminta membayar premi asuransi kesehatan Rp30.000 sebagai tambahannya. Lalu, setelah mengambil formulir, tentu saja kamu akan diperlukan untuk mengisi dan melengkapi formulir tersebut dengan identitas lengkap yang benar sesuai kartu identitas kamu yang berlaku.

Setelah itu, kumpulkan formulir yang telah kamu isi dan kamu tinggal menunggu antrian.

Baca Juga :   Belum Tau? Cara Membuat SIM Online Mudah 2021

Mengikuti ujian yang ada

Kamu akan memasuki proses mengikuti ujian setelah mengumpulkan semua persyaratan diatas. Dalam cara – cara yang akan dilakukan nantinya, ada 2 ujian yang perlu kamu ikuti. Yang pertama adalah ujian teori dan ujian yang kedua adalah ujian praktek.

Untuk ujian teori, ini merupakan ujian segala teori berkendara seperti menguji pengetahuan dan pemahaman tentang aturan rambu lalu lintas. Ujian teori akan menggunakan media komputer, dan harus kamu gunakan bergantian dengan pendaftar SIM yang lain, sehingga kamu perlu benar-benar sabar menunggu giliran.

Setelah ujian teori, dan lulus, kamu akan memasuki ujian praktek yang merupakan tahapan selanjutnya dalam ujian SIM C. Ujian praktek ini  akan menguji kamu mengenai kemampuan dalam berkendara sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

Jika kamu tidak lolos dalam ujian teori maka kamu diharuskan mengulanginya dari awal tahapan cara membuat SIM C dalam tenggang waktu 7 hari, 14 hari, dan 30 hari. Sementara itu, apabila kamu dinyatakan tidak lolos hanya dalam ujian praktek kamu akan dapat mengulanginya tepat di bagian ujian praktek tersebut.

Proses identifikasi tahap akhir 

Cara membuat SIM C selanjutnya adalah proses identifikasi tahap akhir. Tahapan ini disebut sebagai proses finishing dari Carapembuatan SIM ini. Dalam tahap ini, kamu yang sudah dinyatakan lolos proses pembuatan SIM yang mana setelahnya nanti kamu akan diminta melakukan tahapan akhir melengkapi SIM C.

Tahapan itu termasuk foto SIM, tanda tangan dan sidik jari di dalam SIM C melalui komputer. ini akan melengkapi pembuatan SIM C. itulah mengapa tahapan ini disebut tahapan finishing atau tahapan akhir pembuatan SIM C.

Mengambil SIM

Setelah finishing berakhir kamu akan dapat mengambil SIM C yang telah kamu buat di loket yang ada di kantor kepolisian. Ini bisa saja memakan waktu lama atau tidak, tergantung banyaknya antrian yang berlangsung saat itu.

Baca Juga :   Bingung Ujian Teori SIM A? Bigini Penjelasan Lengkapnya

Kesimpulan

Itulah tahapan cara – cara membuat SIM untuk sepeda motor yang dapat kamu ketahui dan pahami. Membuat SIM C sebagai kelengkapan pengendara bermotor menjadi hal yang wajib dilakukan. Terutama bagi kamu yang berusia di atas 17 tahun, membuat SIM C akan sangat disarankan sebagai bentuk taat dan patuh peraturan berlalu lintas yang ada.

Membuat SIM C bukanlah hal sulit, selagi kamu dapat melewati semua tahapan cara-cara yang kami berikan di atas dengan baik dan benar, maka membuat SIM C bukan lah hal yang dapat menjadi sebuah masalh. Itulah snagt disarankan bagi kamu yang sudah berumur 17 tahun keatas untuk membuat SIM C secepatnya sebisa mungkin. Dan dengan penjelasan diatas, kamu dapat melakukan hal ini sendiri tanpa perlu ditemani siapapun apabila semua orang dekatmu sedan tidak sibuk dan tidak dapat menemani.

Satu hal yang harus diingat, jadilah pengendara yang patuh dan tidak melanggar norma – norma berkendara. Jagalah selalu keselamatan kamu karena nyawa lebih berharga dari apapun.

Bagikan ke teman teman kalian jika artikel ini bermanfaat dan membantu. Kebaikan anda solusi untuk mereka. Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan artikel ini. Terimakasih semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *