harga perawatan supercar

Berapa Biaya Perawatan Supercar ?, Bikin Sakit Jantung!

Biaya Perawatan Supercar Halo Sobat IDN Pintar !, apakah Sobat pernah memimpikan memiliki sebuah atau bahkan berapa buah supercar seperti Lamborghini, Ferrari atau Porsche ?. Pernahkah Sobat membayangkan berapa biaya perawatan supercar yang nantinya ingin Sobat miliki?.

Supercar atau Hypercar, bukanlah sembarang mobil sehingga perawatannya pun tidak bisa sembarangan. Para selebriti dan orang-orang kaya memiliki supercar untuk menunjukan kasta dan status social dan ekonomi mereka. Ini tentu bukan hal yang salah. Sah-sah saja dilakukan oleh mereka yang ber uang banyak. Supercar, selain harga belinya yang tinggi, dibalik itu juga ada perawatan yang pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebagai sebuah supercar tentu perawatannya pun harus berkelas dan tidak bisa dilakukan oleh teknisi sembarangan. Itu sebabnya biaya perawatan sebuah supercar sangat fantastis.

Bagi mereka yang menggemari mobil sport atau supercar tentu saja sudah paham dengan biaya perawatan yang harus dikeluarkan. Performa kelas wahid tentu saja memiliki standar kelas wahid juga dalam perawatan.

Berikut ini IDNPintar menyajikan berapa biaya perawatan supercar tiga buah merk  yang paling terkenal didunia, yaitu Ferrari, Lamborghini dan Porsche.

Biaya Perawatan Ferrari, Si Kuda Jingkrak

biaya perawatan supercar

Ferrari merupakan supercar yang berada dalam peringkat atas mobil cepat di dunia. Ketangguhan dan kemewahannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Mobil Ferrari sepertinya menjadi merk yang wajib dimiliki oleh smeua crazy rich di seluruh dunia.

Meskipun termasuk ke dalam merk yang mainstream, namun biaya perawatan supercar Ferrari tidak semainstream namanya. Semoga Sobat tidak kaget dan jantungan dengan paparan mengenai biaya perawatan supercar Ferrari dibawah ini.

PERKIRAAN UMUM BIAYA PERAWATAN SUPERCAR FERRARI

SUKU CADANG DAN JASA SERVIS

KISARAN BIAYA

Ganti Oli (setiap 5000 mil atau 8000 KM)

Model :

F430 = USD 500 ( -/+ Rp. 7,5 juta)

360 Modena = USD 800 (-/+ Rp. 12 juta)

F355 = USD 1100 (-/+ Rp. 16 juta)

Ganti  Busi Rata-rata USD 3000 ( -/+ Rp. 43 juta)
Belt (setiap 15,000 mil atau 24,000 KM) Rata-rata USD 4000 (-/+ Rp. 58 juta)
Ganti Kopling 6-kecepatan : USD2500 (-/+ Rp. 36 juta)

F-1: USD6500 (-/+ Rp. 94 juta)

Asuransi USD7000 – USD10000 (-/+ Rp. 100 -145 juta pertahun)
Pajak BBN-KB + PKB = (Harga Mobil X 10%) + (PKB X 10%)

Misalnya harga Supercar nya Rp. 15 milyar maka pajak tahunannya sebesar Rp. 1,5 Milyar + Rp. 225 juta = Rp. 1,725 Milyar

 

Ferrari mengeluarkan model baru setiap tahunnya, semakin baru tahun rilisnya tentunya pajak yang harus dikeluarkan pun semakin besar. Pajak yang besar ini diakibatkan oleh besar nya biaya import dan biaya bea masuk yang juga mahal untuk kategori mobil sport. Akibat pajak yang besar ini, beberapa pemilik mobil sport menunggak pajak karena tidak sanggup untuk membayarnya.

Contoh Ferrari 360 Modena yang dibuat pada tahun 2005, kini pajaknya ‘hanya’ Rp. 30 juta saja pertahun. Namun Ferrari 458 Speciale tahun rilis 2015 pajaknya masih berada pada kisaran Rp. 100 jutaan. Fantastis ya..

Selain pajak yang besar, biaya perawatan pun akan menyedot isi rekening. Untuk setiap servis yang dilakukan, biaya jasa servisnya bisa mencapai belasan hingga [uluhan juta rupiah untuk pengerjaan servis ringan seperti ganti oli, timing belt, ganti minyak rem dan filter-filter, seperti filter udara. Lama pengerjaan servis in ibis amemakan waktu dua hari karena pengerjaannya harus snagat teliti dan penggantian setiap komponen harus benar-benar presisi. Mahalnya biaya jasa servis dikarenakan mekanik yang mengerjakan juga bukan mekanik sembarangan, mereka harus benar-benar terlatih dalam menangani supercar.

Untuk unit Ferrari baru, pabrikan sudah melengkapi pembelian dengan garansi biaya perawatan dna perbaikan selama tiga tahun dan setelahnya bisa diperpanjang hingga lima tahun sehingga para pemilik mobil setidaknya bisa terlepas dari kemungkinan membeli komponen pengganti yang fantastis harganya.biaya perpanjangan garansi ini tidak gratis lho, untuk konfigurasi mesin 8 silinder, pemilik dikenakan biaya perpanjangan sebesar Rp. 100 juta.

Biaya perpanjangan garansi ini akan semakin murah di tahun berikutnya, karena komponen yang masuk dalam garansi pun akan semakin sedikit, dan pemilik supercar Ferrari akan mengeluarkan biaya lebih extra di tahun ke enam dan seterusnya untuk biaya perawatan yang tidak lagi dimasukan dalam garansi.

Biaya Perawatan Lamborghini, Banteng yang Suka Berlari Kencang

biaya perawatan supercar

Di posisi kedua merk supercar paling terkenal di dunia adalah Lamborghini. Merk ini merupakan pesaing paling sengit bagi Ferrari. Banyak selebritis dan pengusaha di dunia bahkan di Indonesia yang melengkapi koleksi mobil mewah di garasi mereka dengan satu atau dua unit Lamborghini sebagai penanda kesuksesan mereka.

Dilahirkan dengan tujuan menjadi pesaing tangguh bagi Ferrari, dengan desain yang elegan dan memanjakan mata dikombinasikan dengan performa yang garang, hingga kini pertarungan keduanya di segmen supercar menjadi kisah yang legendaris dan terus berlangsung sengit.

Sobat IDNPintar yang ingin memiliki supercar ini, silahkan dilihat dulu perkiraan biaya perawatan supercar ini.

PERKIRAAN UMUM BIAYA PERAWATAN SUPERCAR LAMBORGHINI

SUKU CADANG DAN JASA SERVIS

KISARAN BIAYA

Ganti Oli (setiap 5000 mil atau 8000 KM)

Model :

Gallardo= USD 400 ( -/+ Rp. 6 juta)

Murcielago = USD2000 (-/+ Rp. 29 juta)

Ganti  Busi Gallardo =  USD 2000 ( -/+ Rp. 29 juta)

Murcielago = USD4000 (-/+ Rp. 58 juta)

Perbaikan transmisi (jika bermasalah) Rata-rata USD50,000 (-/+ Rp. 725 juta)
Ganti Kopling E-Gear Clutch

Gallardo = USD3,500 (-/+ Rp. 51 juta)

Murcielago =  USD12,000 (-/+ Rp. 174 juta)

Asuransi USD5,000 – USD20,000 (-/+ Rp. 73juta  -290 juta pertahun)
Pajak BBN-KB + PKB = (Harga Mobil X 10%) + (PKB X 10%)

Misalnya harga Supercar nya Rp. 15 milyar maka pajak tahunannya sebesar Rp. 1,5 Milyar + Rp. 225 juta = Rp. 1,725 Milyar

Mungkin angka diatas terlihat lebih besar dibandingkan Ferrari, tetapi bagi para crazy rich pemilik supercar tentu angka diatas tidak besar. Bagi para pemilik supercar berkantong tebal, biaya diatas sah-sah saja sebagai resiko atas benda mewah yang mereka miliki.

Biaya Perawatan Porsche, Si Raja Jalanan

biaya perawatan supercar

Porsche adalah merk supercar yang berasal dari Jerman dan lebih dikenal dengan mobil sport nya ketimbang produk supercar atau hypercar, padahal Prsche juga merilis beberapa tipe supercar dan hypercar yang cukup terkenal.

Desain mobil Porsche yang cantik sepertinya menjadi alasan kenapa banyak pesohor dunia memilih Porsche ketimbang Ferrari atau Lamborghini.

Dibawah ini IDNPintar menyuguhkan daftar biaya perawatan yang harus dibayar jika ingin memelihara supercar ini.

PERKIRAAN UMUM BIAYA PERAWATAN SUPERCAR PORSCHE

SUKU CADANG DAN JASA SERVIS

KISARAN BIAYA

Ganti Oli (setiap 5000 mil atau 8000 KM) Rata-rata  USD 300 ( -/+ Rp. 4,3 juta)
Ganti  Busi USD 900 ( -/+ Rp. 13 juta)
Belt  USD185 – 230 (-/+ Rp. 2,7 juta – 3,3 juta)
Ganti Kopling  USD2000 (-/+ Rp. 29 juta)
Asuransi USD2900 (-/+ Rp.  39 pertahun)
Pajak BBN-KB + PKB = (Harga Mobil X 10%) + (PKB X 10%)

Misalnya harga Supercar nya Rp. 15 milyar maka pajak tahunannya sebesar Rp. 1,5 Milyar + Rp. 225 juta = Rp. 1,725 Milyar

 

Besaran angka untuk biaya perawatan supercar Porsche terbukti lebih murah dibandingkan Ferrari dan Lamborghini. Bisa jadi ini merupakan salah satu alasan lain kenapa Porsche lebih diminati ketimbang dua supercar diatasnya. Namun tetap saja, meskipun dengan angka yang lebih rendah namun biaya perawatan Supercar Porsche hampir sama dengan harga satu unit BMW M-series.

Penampilan Porsche yang lebih elegan dan terkesan lembut, juga membuat kamum hawa lebih meminati mobil ini ketimbang Ferrari.

 

Kini Sobat sudah paham, berapa biaya yang harus dikeluarkan jika ingin membeli sebuah supercar. Bukan hanya biaya pada saat membeli unitnya saja, tapi juga biaya-biaya yang akan timbul sesudahnya, Sobat harus memiliki kantong uang tanpa batas dan menganggap uang milyaran itu bagaikan recehan saja jika masih ingin memelihara sebuah supercar didalam garasi.

Penting untung diingat bahwa semua biaya perawatan diatas, kecuali besaran pajak, merupakan harga standar di Amerika Serikat. Untuk harga di Indonesia bisa jadi lebih mahal karena terpengaruh biaya import untuk setiap komponen dan tentunya biaya pajak barang mewah atas komponen tersebut.

Jadi, sudah siap membeli sebuah supercar?

 

 

Baca Juga :   Ferrari Termahal Di Dunia, Ternyata Bukan Seri Paling Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *