Biaya Service AC Mobil
carmudi.co.id

Biaya Service AC Mobil Berdasarkan Masalahnya

Biaya Service AC Mobil Halo sobat IDN Pintar! Apakah kalian sering mengalami AC mobil yang tidak dingin atau mengalami kerusakan lain? Nah, IDNPintar akan memberikan informasi mengenai biaya service AC mobil yang mungkin nantinya bisa membantu sobat sekalian yang ingin service AC.

Nah, untuk penjelasan lebih lanjut mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Biaya Service AC Mobil

Biaya Service AC Mobil
Autos.id

Air Conditioner atau AC merupakan fitur yang cukup penting pada kendaraan agar memastikan kenyamanan selama berkendara. Yang dilakukan kebanyakan para pemilik mobil adalah melakukan servis AC apabila AC sudah dirasakan tidak sedingin biasanya. Padahal agar AC mobil tetap terjaga dinginnya, para pemilik mobil diharuskan melakukan service berkala secara rutin.

Service berkala ini akan menjadi sangat bekuna untuk memastikan komponen komponen yang ada pada AC seperti kompresor, evaporator, valve, kondensor, dan receiver drier menjadi jauh lebih awet dan tahan lama dari biasanya. Apbila salah satu atau bahkan komponen ini bekerja tidak semestinya, AC akan bekerja dengan buruhk dan tidak maksimal.

Seluruh komponen pada AC sangat penting untuk menjalankan AC ini, seperti kompresor yang menjadikan alat ini akan dapat bekerja semaunya. Jadi, akan menjadi sangat penting untuk selalu melakukan pengecekan pelumas yang dimiliki oleh komponen ini. Tanda tanda kompresor ayg  mulai bekerja tidak semestinya adalah mengeluarkan bunyi asing yang sangat berisik dan mengganggu. Penggantian komponen ini tidak akan menghabiskan biaya yang banyak apabila kamu ingin melakukannya.

Bagi pemilik mobil, mungkin saat ini atau suatu saat, kamu pernah bertanya tanya berapakah biaya service AC mobil secara umum? Apabila AC mobil bermasalah, kira kira butuh biaya sebesar apa untuk melakukan service terhadap AC yang rusak tersebut? Masing masing service dan penanganan akan bervariasi dan berbeda beda tergantung dengan masalah yang dimiliki oleh AC tersebut. Jika kamu ingin mengetahuinya lebih lanjut, kamu dapat membaca artikel mengenai biaya service AC mobil di bawah ini.

Jika AC Mobil Tidak Dingin

Apabila AC pada mobil kamu mulai terasa tidak sedingin biasanya, umumnya, hal ini akan terjadi apabila kekurangan freon. Kamu akan dapat mengisi ulang freon untuk menyelesaikan masalah pada AC yang satu ini. Secara umum, jada penggantian freon pada mobil hanya seharga 200 ribu saja, namun apabila masih ada masalah lain yang dimiliki oleh ac tersebut, kamu harus tetap melakukan service agar mengetahui sumber masalah lainnya.

Untuk mobil yang dikeluarkan oleh Jepang, kamu akan perlu merogoh kocek sebesar Rp3000.000 – Rp4000.000 melakukan service AC dan juga tergantung pada permasalahannya. Namun untuk mobil yang dikeluarkan oleh Eropa, kamu akan diperlukan untuk mengeluarkna lebih banyak lagi, biasanya untuk melakukan service AC, kamu akan memerlukan biaya sebesar Rp1.300.000 – Rp4.000.000.

AC Mobil ON, Blower Tidak Hidup

Ketika menyalakan AC mobil namun blower pada AC tersebut tidak hidup, ini menandakan bahwa ada masalah pada komponen sekitar blower pada AC. Service yang dilakukan untuk memeriksa keadann ini biasanya akan berfokuskan terhadap pengecekean sekring, relay, resistor, motor, atau switch blower. Untuk biaya servicenya yang perlu kamu keluarkan untuk memperbaiki masalh ini adalah sekitar Rp2.000 – Rp5.000 per item yang perlu diganti, relay berkisar Rp115.000 – Rp25.000, resistor nerkisar RP100.000-Rp300.000 tergantung engan merek yang akan digunakan.

Namun apabila yang bermasalah adalah motor blower, harga yang akan perlu kamu bayarkan bervariasi tergantung jenis mobilnya. Umumnya, penggantian motor baru memerlukan mengeluarkan uang sebesar Rp300.000 – Rp700.00. yang terakhir adalah switch blower yang harganya juga sekitar Rp300.00 – Rp500.000. harga harga diatas biasnya sudah termasuk dengan biaya service yang berkisar Rp300.000 – Rp400.000,

Kipas Kondensornya Mati

Kipas kondensor merupakan salah satu komponen yang sangat berguna untuk menghilangkan panas dan menurunkan tekanan freon. Apabila kipas kondensior ini mati, akan menyebabkan masalah pada AC mobil. Untuk biaya perbaikan pada bagian ini, kamu akan dioerlukan merogoh kocek sebesar Rp150.000 – Rp350.000, seperti biasanya, tergantung dengan merek kipas kondensor yang akan digunakan dan juga jenis mobil yang akan di service.

Biaya Service Ganti Freon

Kekurangan freon pada AC mobil akan mengakibatkan AC mobil menjadi tidak dingin. ini akan sangat sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara apalagi saat berada di cuaca yang sangat panas panas. Harga penggantian freon adalah kurang lebih RP200.000 rupiah termasuk jasa pengecekan dan pengisiannya.

AC Mobil Mati

Apabila AC mobil mati mendadak, ini akan menjadi sangat merepotkan, apalagi saat sedang menempuh perjalanan jauh. Kamu akan diharuskan melakukan service mobil  menyeluruh agar mengetahui penyebab pasti permasalahan ini.

Penyebabnya bisa berasal dari kompresor, v belt ataupun komponen kecil lainnya seperti sekring, relay atau motor blower. Apabila kamu bertemu dengan permasalahan ini, biayanya berkisar antara Rp1.000.000 – Rp3.000.000 rupiah tergantung kerusakannya.

Biaya Service AC Mobil Bau

Bau AC yang tidak sedap membuat kondisi mobil tidak nyaman. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti mengecek kebocoran mesin atau kondisi kabin yang kotor. Namun apabila masih belum menyelesaikan masalah, sangat disarankan untuk membawa mobil tersebut ke service AC mobil untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Estimasi biaya service AC  Mobil yang mengeluarkan bau tidak sedap ini antara Rp200.000 – Rp400.000.

Service AC Mobil Berkala

Agar tidak mengalamin salah satu atau beberapa dari banyaknya permasalahan ini, akan diperlukan perawatan AC mobil secara rutin dan berkala agar kamu dapat mendeteksi gejala masalah lebih awal. Biasanya ada 2 service saat melakukan service berkala.

Yng pertama adalah basic service ketika mobil telah berusia 1 tahun atau jarak tempuh mobil telah mencapai 10.000 km sampai 20.000 km. Namun apabila kmau tinggal di daerah padat dan memiliki tingkat polusi tinggi, sebaiknya perawatan berkala ini kamu lakukan ketika mobil mencapai jarak tempuh 10.000 km walaupun usia mobil belum mencapai 1 tahun.

Pada basic service , pemeriksaan lebih ke pembersihan dan penggantian oli kompresor. Tidak hanya itu, filter kabin dan receiver dryer juga harus diganti karena kedua komponen ini penggunaanya satu kali pakai.

Perawatan berkala kedua adalah advance service yang harus kamu lakukan setidaknya satu kali dalam 2 tahun. Pemeriksaan yang dilakukan lebih kompleks dan rumit daripada basic service. Dari perawatan kondensor, evaporator dan kompresor.

Selain itu, dilakukan pemeriksaan lebih detail kepada komponen lain seperti expansion valve, receiver dryer, dan filter kabin. Jika diperlukan akan dilakukan penggantian komponen agar performa AC optimal.

Itulah beberapa daftar biaya yang harus dikeluarkan untuk service AC mobil tergantung dengan masalahnya. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kamu akan diperlukan untuk melakuakn pengecekan dan service secara rutin dan berkala agar dapat mengetahui permasalahan permasalahan ini lebih awal sebelum masalah tersebut menjadi semakin parah.

Bagikan ke teman teman kalian jika artikel ini bermanfaat dan membantu. Kebaikan anda solusi untuk mereka. Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan artikel ini. Terimakasih semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *