Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan dan Tips Mencegahnya

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Halo sobat IDN Pintar, ada tidak nih yang sering diserang serangan mabuk perjalanan? Hem, bila untuk kamu yang hobi jalanan, tapi sering alami mabuk perjalanan, tentu rasanya mengganggu sekali ya, sahabat Traveller?

Mabuk perjalanan sendiri disebabkan oleh beberapa faktor, dan terdiri dalam beberapa jenis.

Untuk faktor mabuk perjalanan sendiri sih biasanya karena posisi duduk yang cocok pada tempat sering berjalannya guncangan, tidak cocok dengan aroma pendingin kendaraan, sampai aktivitas yang kamu lakukan sebelum dan sejauh perjalanan.

Bila sahabat Traveller sering alami mabuk perjalanan, baik itu perjalanan darat, laut, dan udara. Berikut cara mengatasi mabuk perjalanan yang bisa kamu kerjakan.

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Alami mabuk perjalanan betul-betul benar-benar tidak menyenangkan. selainnya membuat diri kamu terasa tersiksa, perjalanan mu tentu jadi benar-benar tidak menyenangkan. lhaa iya wong ingin heppy heppy justru muntah kan tidak asyik sekali ya sob !

Tapi, ada cara yang bisa kamu lakukan kok untuk mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan. Berikut Cara selengkapnya!

1. Hindari Makan Terlampau Kenyang

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Point khusus yang penting kamu saksikan sebelum memulai perjalanan adalah kondisi perut. Isi perut sebelum perjalanan perlu sekali nih, sahabat Traveller. Tapi, jangan sampai sampai terlampau berlebihan dan membuat kamu jadi terlampau kenyang ya.

Karena, guncangan dari kendaraan biasanya bisa membuat kamu terasa mual dan pusing. Sampai mabuk perjalanan bisa kamu alami, dan membuat perjalanan yang kamu lakukan terasa tidak menyenangkan.

Apalagi bila kamu akan pergi untuk liburan. Tentu jadi hal pemicu liburan kamu jadi kurang berkesan.

2. Minum Obat Anti Mual/Anti Mabuk Perjalanan

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

lo tentu lebih pahami diri kamu sendiri dong, sahabat Traveller? Maka bila kamu terasa sering alami mabuk perjalanan, karenanya cara mengatasi mabuk perjalanan yang khusus dengan minum obat anti mual atau anti mabuk.

Dengan begitu, sejauh perjalanan kamu akan tertidur dan tidak rasakan mabuk perjalanan. Dan untuk kamu yang jarang sekali alami mabuk perjalanan, siapkan obat anti mabuk jadi cara terbaik, siapa yang tahu kejadian ini akan kamu alami saat di perjalanan.

3. Makan Makanan Ringan

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Bila kamu mual dan muntah saat di perjalanan, karenanya konsumsi air mineral jangan sampai sampai terlupa ya, sahabat Traveller. Karena setelah muntah, tubuh kamu akan kekurangan cairan dan bisa punya pengaruh dehidrasi. Dengan minum air mineral dengan cukup, karenanya bisa balikkan kondisi tubuh kamu.

Makan cemilan juga bisa membantu kamu untuk isi kembali perut yang kosong dan tidak memicu mual atau muntah kembali.

4. Pejamkan Mata, dan Istirahat Sesaat

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Cara mengatasi mabuk perjalanan saat kamu sudah rasakan mual dan pusing, karenanya pejamkan mata dan istirahat sebentar jadi cara terbaik untuk kurangi nya. Optimis kepalamu ada pada tempat yang tidak bergoyang-goyang agar tidak membuat kamu semakin pusing ya, sahabat Traveller.

5. Makan Permen

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Konsumsi permen sejauh perjalanan tentu dapat membantu kamu turunkan rasa mual. Ini karena permen dapat pencet produksi asam lambung dan rasa mual yang disebabkan karena mabuk perjalanan.

lo bisa tentukan type permen dengan rasa mint atau buah-buahan seperti jeruk, lemon, atau stroberi. Cara mengatasi mabuk perjalanan dengan makan permen ini lumayan baik lho, sahabat Traveller.

Cara Mencegah Mabuk Perjalanan

Selainnya mengatasi mabuk perjalanan, tentu ada cara mencegah mabuk perjalanan yang bisa kamu lakukan ya, sahabat Traveller. Mabuk perjalanan sering terjadi bila kamu kerjakan perjalanan laut.

Misalkan saat kamu ingin ke arah object wisata di Labuan Bajo yang perlu menggunakan kapal laut sebagai transportasinya.

Karenanya, banyak hal di bawah ini penting untuk kamu saksikan agar tidak ada mabuk perjalanan.

1. Pastikan Perut Telah Berisi

Sebelum memulai perjalanan, seharusnya untuk kamu isi perut dahulu nih, sahabat Traveller. Waktu terbaik adalah 30 menit sampai 1 jam sebelum keberangkatan. Dengan begitu, bisa turunkan berlangsungnya peluang mabuk perjalanan saat kamu di perjalanan.

Tapi, jangan sampai sampai perut kamu terlampau kenyang ya. Karena dapat punya pengaruh mual dan kesempatan terburuknya bisa membuat kamu muntah.

2. Membawa Minyak Angin

Sangat penting, membawa wewangianterapi atau minyak angin jadi senjata baik untuk kamu yang sering alami mabuk perjalanan.

Cara mencegah mabuk perjalanan satu ini cocok untuk kamu yang tidak terbiasa dengan AC di mobil atau dengan aroma wangi-wangian mobil yang tidak sesuai dengan kamu.

Dengan menghisap wewangianterapi bisa membuat kamu terasa lebih rileks. Peran minyak angin menjadi obat bagus untuk turunkan rasa mual dan pusing. lo bisa membaluri minyak angin di sekitar perut dan pusar, atau di kening.

3. Duduk di dengan Status yang Nyaman

Tentukan posisi duduk yang cocok saat kamu kerjakan perjalanan ini ternyata juga bisa menolongmu agar tidak mabuk lho, sahabat Traveller. Tentukan posisi duduk yang membuat mata bebas menyaksikan lurus sama arah jalan, atau posisi duduk yang kurang akan guncangan.

Misalnya, duduk dari segi sopir jika kerjakan perjalanan dengan mobil, atau kamu bisa memilih untuk duduk di kursi yang bersampingan dengan sayap jika sahabat Traveller kerjakan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Dan, mengambil status di geladak saat naik kapal laut.

Nah, untuk sahabat Traveller yang kerjakan perjalanan dengan kereta api atau kapal laut, hindari beberapa tempat yang sering mengeluarkan bau keunikan ya, seperti kafetaria atau ruang mesin.

Ini untuk mencegah indera penciuman terus menerus bekerja dalam mengendusi bau yang dikeluarkan, yang dapat memicu pertanda mabuk kamu, sahabat Traveller.

4. Lihat-lihat ke Luar Jendela

Menyaksikan keluar jendela dapat membuat kamu terasa lebih rileks, dibandingkan membaca atau melihat smartphone dalam waktu periode yang lama. Dengan melihat ke luar jendela, kamu bisa melihat pemandangan yang membuat mata terasa lebih rileks.

lo juga bisa kok kerjakan kegiatan ini sekaligus dengar musik kesukaan kamu melalui smartphone yang kamu bawa. Jika memungkinkan, kamu bisa mencari rekanan untuk mengobrol agar perjalanan tidak terasa membosankan.menjengkelkan dan teras lama-lama.

5. Jangan Bermain Handphone Terlampau Lama

Kita sering terasa bila bermain smartphone sejauh perjalanan bisa membuat waktu terasa lebih singkat. Walaupun sebetulnya, dengan bermain smartphone kelamaan sejauh perjalanan bisa membuat kamu terasa pusing dan mual lho.

Karenanya, gunakan smartphone seadanya saja, dan cari cara lain untuk kurangi waktu perjalanan panjang kamu agar terasa lebih singkat.

Istirahat jadi pilihan terbaik agar tubuh kamu terasa lebih rileks karena perjalanan panjang yang kamu tempuh. Mengobrol baik loh jadi cara mencegah mabuk perjalanan.

6. Menjaga Kesehatan Badan

Penting juga untuk kamu ketahui agar tidak mudah mabuk perjalanan dengan menjaga kesehatan tubuh, terutamanya saat pandemi saat ini. Banyak hal bisa dikerjakan agar kondisi tubuh tetap fit.

Bukan hanya kesehatan tubuh saja yang penting kita saksikan sejauh pandemi ini, tapi kesehatan mental. Nah, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan secara teratur untuk menjaga raga dan jiwa agar tetap pada kondisi prima.

  • Menjaga Skema makan dengan teratur
  • Mengonsumsi makanan dengan gizi imbang
  • Masih tetap aktif olahraga
  • Hindari stres dengan menyibukkan diri
  • Tetap Terhubung dengan rekanan dan keluarga
  • Menjaga kebersihan tubuh
  • Menggunakan masker saat berada di luar rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *