cara merawat ac mobil

Cara Merawat AC Mobil Anda Supaya Tetap Dingin

Cara Merawat AC Mobil Halo Sobat IDN Pintar, mungkin Sobat pernah merasakan berkendara dengan mobil di kota-kota yang memiliki cuaca panas, seperti daerah Jabodetabek, Surabaya, Madura dan lainnya. Bagaimanakah rasanya jika Sobat berkendara tanpa Air Conditioner ( AC ) di dalam mobil ?. Tentu sangat tidak nyaman.  AC merupakan salah satu perlengkapan yang cukup penting dalam mengendalikan suhu dalam kabin kendaraan agar pengemudi ataupun penumpang merasa nyaman tanpa harus membuka kaca mobil. Kali ini IDNPintar akan membagikan informasi mengenai cara merawat AC mobil agar selalu dingin.

Sebagian besar mobil produk baru sudah dilengkapi dengan fitur AC, namun pada seri lama pemilik mobil harus memasang sendiri jika ingin menggunakan fitur AC pada mobilnya. Keberadaan AC dalam mobil kini menjadi hal snagat penting terutama di kota – kota yang memiliki cuaca panas agar berkendara menjadi lebih nyaman. Kehadiran AC di mobil dapat meredam hawa panas dalam kabin sehingga pengendara dan penumpang dapat menikmati perjalanan.

Untuk menjaga agar AC tetap awet, pemilik kendaraan harus tahu bagaimana cara merawat AC mobil yang benar, agar terhindar dari kerusakan dan AC menjadi macet atau tidak lagi mengeluarkan suhu yang dingin. Bagaimana cara merawat AC mobil yang benar ?, sebelumnya kita harus mengenali terlebih dahulu beberapa penyebab kerusakan AC yang menyebabkan AC tidak dingin lagi.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada AC mobil, jika pemiliki memahami cara merawat AC mobil yang baik dan benar, tentu hal ini akan dapat terdekteksi sebelum kerusakannya menjadi lebih parah lagi

HAL – HAL YANG DAPAT MENYEBABKAN KERUSAKAN PADA AC MOBIL

Perhatikan Freon AC

Salah satu cara merawat AC mobil yang benar adalah dengan selalu memperhatikan kondisi Freon AC. Jika AC mobil sudah terasa tidak dingin lagi, bisa jadi Freon AC nya kurang atau habis. Freon merupakan komponen terpenting dari AC, baik itu AC rumah maupun AC mobil. Freon memiliki fungsi untuk mengatur suhu udara, sirkulasi, dan kelembapannya, serta berguna untuk membersihkan dan memurnikan udara agar tetap sejuk dan nyaman.

Baca Juga :   Tips Aman Saat Naik Pesawat Dimasa Pandemi

cara merawat ac mobil

Terdapat sebuah komponen yang sangat penting pada Freon yaitu Refrigerant yang fungsinya adalah sebagai fluida yang digunakan untuk mneyerap panas dari dalam ruangan sehingga suhu menjadi rendah dan terasa dingin dan sejuk. AC mobil menggunakan dua jenis refrigerant yaitu jenis R134a dan R12.

Jenis refrigerant R134a digunakan pada kendaraan dengan tahun perakitan 1994 keatas sehingga dapat dibilang mobil dengan tahun rakit terkini memakai jenis refrigerant ini. Sementara jenis refrigerant R12 digunakan oleh mobil-mobil model lama dengan tahun perakitan 1994 kebawah.

Pada saat ada kebocoran pada system AC mobil, hal tersebut akan mengurangi jumlah Freon AC mobil. Maka Sobat harus periksa dengan teliti komponen mana yang mengalami kebocoran sebelum mengisi Freon lagi. Ada beberapa penyebab kebocoran pada system AC, bisa jadi sambungan pipanya sudah tua dan lapuk, atau terdapat kerusakan pada saft atau relief valve pada kompresor AC. Kerusakan inilah yang menyebabkan Freon menjadi habis.

Setelah mengetahui bagian mana yang mengalami kebocoran maka Sobat harus perbaiki terlebih dahulu kebocoran tersebut sebelum mengisi ulang atau menambah Freon AC mobil.

 

Periksa Filter AC

Sesuai namanya, filter Ac ini fungsinya adalah menyaring debu yang masuk dari sela saringan AC. Sobat yang sudah paham cara merawat AC mobil yang benar pasti sudah mengetahui bahwa jika filter tidak pernah dibersihkan maka debu akan menumpuk disana dan hal tersebut akan menyumbat filter AC itu sendiri. Jika sampai tersumbat maka udara yang mengalir pun terhambat sehingga tidak optimal lagi.

Kondisi filter AC yang tersumbat akan mengakibatkan sirkulasi udara juga mengalami gangguan. Walaupun AC mobil dalam kondisi menyala, tidak akan udara dingin yang keluar. Untuk menghindari hal semacam ini, Sobat harus selalu memeriksa dan membersihkan filter AC secara berkala.

 

Mengganti motor extra fan

Cara merawat AC mobil berikutnya adalah dengan memperhatikan kondisi motor extra fan. Masalah atau kerusakan pada komponen extra fan juga akan mempengaruhi kondisi AC mobil. Jika extra fan sudah lemah atau rusak, maka proses kondensasi pada kondensor tidak akan dapat terjadi dengan maksimal. Karena itu Sobat harus mengganti motor extra fan yang rusak agar AC mobil tetap bekerja maksimal.

Evaporator Jangan Sampai Kotor

cara merawat ac mobil

Kotoran bisa membuat evaporator AC kita tersumbat yang mengakibatkan sirkulasi AC menjadi tidak lancar karena tersumbat. Penyebab kotoran bisa masuk pada evaporator karena tidak bisa tersaring atau bisa juga kotoran pada filter sudah terlalu menumpuk. Karena itu sangat penting untuk selalu memperhatikan kebersihan pada filter dan evaporator.

Baca Juga :   Tips Solo Traveling Agar Liburan Tetap Seru dan Menyenangkan

Kondensor Tidak Boleh Kotor

Kondensor merupakan garda depan dari komponen AC yang posisinya  berada sangat dekat dengan radiator, sehingga tidak aneh jika kondensor kadang ditempeli kotoran. Namun jika dibiarkan kotoran sampai menumpuk maka akibat dari hal tersebut berdampak pada kinerja AC yang menjadi tidak dingin. Cara merawat AC mobil yang sering di sarankan para ahli termasuk didalamnya adalah membersihkan kondensor.

Ganti Fan belt atau Drive belt Yang Putus

Fan belt atau Drive belt ini berfungsi untuk menyalurkan perputaran mesin yang langsung ke kompresor, sehingga jika belt ini putus maka kompresor tidak akan mampu bekerja dengan baik, yang akibatnya jalannya freon menjadi tidak lancar.

Jika fan belt atau drive belt ini putus maka Sobat harus segera menggantinya agar kinerja komponen lain kembali normal.

Jangan Mengisi Oli kompresor AC dengan volume berlebihan

Cara merawat AC mobil berikutnya adalah dengan tidak mengisi oli kompresor Ac dengan volume yang melebihi takarannya. Jika Sobat mengisi oli dengan volume berlebihan, akibatnya ruang untuk Freon akan berkurang sehingga akibatnya kapasitas Freon yang tersedia tidak ciukup untuk menghasilkan hawa dingin.  Jika terus dipaksakan maka lama-lama AC mobil cepat rusak karena beban yang berlebihan.

Karena itu untuk menjaga AC tetap awet, isi oli pada kompresor AC dengan takaran secukupnya saja.

Perhatikan Thermostat AC

Thermostat atau Thermistor Cooler adalah alat yang berfungsi untuk membaca temperatur atau suhu. Alat ini terdapat di dalam komponen bernama evaporator. Sobat harus menjaga agar alat ini tidak mengalami kerusakan, karena jika alat ini mengalami kerusakan maka tentu saja dia tidak dapat membaca perubahan temperatur yang berpengaruh pada sistem otomatis AC.

Perawatan Magnetic Clutch

Cara merawat AC mobil lainnya adalah dengan memperhatikan komponen magnetic clutch. Kerusakan pada magnetic clutch akan menyebabkan menyebabkan AC mobil tidak dingin. Komponen ini bisa saja putus, mati atau spulnya terbakar sehingga akan mengakibatkan kompresor berhenti berputar.

Berikut ini IDNPintar bagikan beberapa tips agar AC tetap terawat dengan kondisi baik .

TIPS MERAWAT AC MOBIL

Selalu menjaga kebersihan kabin

Setelah bepergian jauh rasanya memang sangat malas untuk membersihkan kabin apalagi di bagian karpet depan. Rasanya ingin membiarkan kabin dengan kotoran yang ada lalu pergi istirahat. Namun kebiasaan ini sangat berbahaya untuk kesehatan dan keawetan AC mobil.

Baca Juga :   Tips Aman dan Nyaman Travelling di Masa Pandemi Covid-19

Kotoran yang ada pada kabin akan tersedot ke dalam saluran AC dan lama – lama menumpuk sehingga menimbulkan kerusakan pada mesin AC.

Tutup jendela selama melakukan perjalanan

Jika kita membuka jendela pada saat berkendara dengan AC mobil yang menyala, akan mengakibatkan banyak debu yang masuk dan mengotori AC hal ini akan menyebabkan kinerja AC pun akan menjadi lebih berat.

Karena itu, jika anda menyalakan AC mobil sebaiknya anda menutup semua jendela agar suhu dingin yang dikeluarkan dari AC bisa merata pada kabin.

Tidak merokok didalam mobil

cara merawat ac mobil

Kebiasaan kaum pria merokok saat berkendara menjadi hal buruk yang akan mempercepat kerusakan AC. Jika Sobat memahami cara merawat AC mobil yang benar tentu akan menghindari merokok di dalam mobil. Karena kandungan nikotin pada asap rokok yang dihembuskan akan mengakibatkan kotornya evaporator dan membuatnya berlendir sehingga AC mengeluarkan bau yang mengganggu indera penciuman kita. Sangat disarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok didalam mobil saat AC menyala jika anda ingin AC mobil anda awet.

Menyalakan AC mobil pada saat sudah berkendara dan kabin mulai terasa panas

Hentikan kebiasaan menyalakan AC langsung pada saat menyalakan mobil. Cara merawat AC mobil yang bisa anda terapkan berikutnya adalah dengan menyalakan AC mobil setelah mulai berkendara selama beberapa waktu dan  kabin mulai terasa panas. Kemudian buka jendela bagian belakang selama beberapa detik untuk mengusir hawa panas, lalu tutup rapat kembali. Hal ini akan membuat Ac mobil lebih awet.

Pasang AC dengan suhu yang rendah

Ketika berkendara, pasanglah AC mobil dengan suhu paling rendah karena hal ini dapat membuat kinerja AC lebih efisien dan sekaligus dapat menghemat bahan bakar.

Matikan mode resirkulasi udara

Saat berkendara bersama keluarga atau dengan penumpang di bagian belakang, jangan menyalakan mode resirkulasi udara karena ini akan menyebabkan udara di bagian kabin belakang menjadi pengap dan beban AC mobil akan meningkat. Mode resirkulasi udara berfungsi mengambil udara dari depan kabin mobil dan menariknya kembali sehingga menyebabkan hawa di kabin belakang terasa pengap dan panas, hal inilah yang akan membuat mesin AC mobil harus bekerja keras untuk membuat kabin tetap dingin.

 

Demikian sedikit informasi dan tips mengenai cara merawat AC mobil yang bisa dibagikan oleh IDNPintar.com, semoga info dan tips ini berguna bagi Sobat yang sedang belajar merawat AC mobil supaya awet terus ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *