Cara Screenshot di Laptop

Belum tahu? Begini Cara Screenshot di Laptop  

Cara Screenshot di Laptop – Halo sobat IDN Pintar! Tangkapan layar atau lebih sering dikenal atau dalam Bahasa Inggrisnya Screenshot, merupakan sebuah tindakan untuk mengambil gambar yang ada pada layar komputer atau smartphone yang ingin kamu ambil tangkapan layarnya.

Tidak hanya itu, screenshot juga sering disebut oleh beberapa orang dengan nama screen capture. Screenshot ini dapat kamu gunakan untuk mengambil sebuah gambar dari layar perangkat yang sedang kamu gunakan tanpa perlu alat lain untuk mengambilnya.

Cara Screenshot di Laptop

Cara Screenshot di Laptop
dawnfarias.com

Cara screenshot di laptop tidak sama dengan cara screenshot yang ada di smartphone, untuk melakukan screenshot di smartphone, hal ini akan sangat mudah kamu lakukan, walaupun cara setiap smartphone untuk mengambil sebuah screenshot kadang berbeda beda, namun secar umum cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukannya sama. Namun untuk cara screenshot di laptop, pada umumnya menggunakan sebuah tombol yang ada di keyboard laptop kamu sendiri, tombol ini adalah tombol Printscreen, namun pada beberapa keyboard hanya bertuliskan singkatannya seperti Prtsc. Namun juga terkadang tidak semua laptop dapat menggunakan tombol ini secara langsung, ada beberapa langkah sekstra yang perlu dilakukan untuk menggunakan fitur tombil ini.

Lalu, bagaimanakah cara nya?

Berikut ini cara screenshot di laptop yang dapat kamu gunakan apabila hanya dengan menekan tombol Printscreen tersebut tidak berhasil:

Menggunakan Tombol PrintScreen

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, tombol PrintScreen merupakan tombol yang biasanya bisa membantu untuk bisa men-screenshot layar. Meskipun mudah, , kamu tidak dapat menyesuaikan tangkapan yang akan kamu ambil.

Menggunakan tombol PrintScreen hanay akan mengambil screenshot seluruh layar penuh. Berikut cara membuat tangkapan layar dengan menggunakan tombol Printscreen:

  • buka halaman atau aplikasi yang ingin kamu ambil gambarnya di layar.
  • Kamu tingggal menekan tombol PrintScreen yang biasanya terdapat pada sisi kanan atas keyboard yang ada pada laptopmu ataupun keyboard yang terpisah.
  • Apabila kamu sudah menekan tombol tersebut, kamu tidak akan melihat sebuah perubahan sedikitpun. Ini disebabkan karena gambar yang kamu ambil tersebut akan tersimpan pada clipboard dan harus kamu paste terlebi dahulu.
  • Kamu dapat menggunakan beberpaa aplikasi untuk mem paste gambar yang ada pada cllipboard tersebut, salah satu yang akan dapat kamu gunakan adalah aplikasi Paint yang langsung ada pada setiap laptop, jadi kamu tidak perlu mendownload aplikasi lain hanya untuk mengambil screenshot dengan menggunakan cara ini. Setelah kamu membuka aplikasi Paint tadi, kamu dapat klangsung menekan tombol Ctrrl + V untuk mem paste gambar screenshot yang telah kamu ambil tadi.
  • Setelah gambar screenshot yang tadi muncul, kamu dapat lamgsung menyimpannya dengan menekan opsi File > Save As atau kamu dapt menekan tombol Ctrl + S.
Baca Juga :   Daftar Harga Laptop HP Terbaik Tahun 2021

Menggunakan Tombol Windows + PrintScreen

Terkadang hanya menekan tombol Printscreen tidak bekerja dan membutuhkan kamu untuk mengaturnya terlebih dahulu. Apabila itu terjadi, kamu dapat menggunakan cara yang kedua ini, yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol windows dan Printscreen.

Apabila kamu menggunakan cara screenshot yang kedua ini, kamu tidak akan memerlukan aplikasi tambahan untuk menyimpan hasil screenshot sebelumnya. Namun sama seperti cara pertama, kamu tidak dapat mengatur bagian mana yang ingin kamu ambil, kamu hanya akan dapat mengambil seluruh layar.

Berikut cara screenshot menggunakan tombol Windows + Printscreen:

  • Seperti cara sebelumnya, kamu diperlukan untuk memilih dahulu program yang ingin kamu tangkap layarnya. Setelah itu, kamu hanya perlu menekan kombinasi dari tombol Windows + Printscreen tadi dengan menekan keduanya bersamaan.
  • Gambar yang kamu ambil akan langsung tersimpan otomatis pada dokumen Picture di laptop kamu.
  • Apabila kamu ingin mempermudah pencarian gambar, Kamu dapat klik kanan > Sort by > Date.

Menggunakan Tombol Alt + PrintScreen

Cara screenshot yang berikutnya adalah menggunakan tombol Alt + PrintScreen bersamaan. Kedua tombol yang ini akan membantu mendapatkan tangkapan layar seperti cara pertama dan juga cara ke dua. Kelebihan yang satu ini tentunya akan memudahkan kamu agar kamu tidak perlu mengedit layar penuh.

Berikut cara menggunakannnya:

  • Langkah pertama dari semua cara screesnhot di laptop ini akan sama, yaitu dengan membuka aplikasi yang ingin Kamu tangkap layarnya.
  • Kemudian kamu dapat langsung menekan tombol Alt + PrintScreen bersamaan.
  • Dengan menggunakan cara yang ini, kamu memerlukan menggunakan aplikasi tambahan seperti kamu menggunkanan cara yang pertama, buka aplikasi Paint > New > klik kanan Paste atau dengan Ctrl + V
  • Kamu tinggal menyimpan gambar tersebut di file pilihan yang kamu inginkan.
Baca Juga :   Belum Tahu? Begini Cek Plat Nomor Kendaraan

Menggunakan Aplikasi Snipping Tool

Cara Screenshot di Laptop

Kamu dapat menggunakan cara ini apabila tombol Printscreen mu tidak bekerja dengan benar. Aplikasi ini biasnya sudah terdapat pada laptop kamu secara langsung, namun apabila belum, kamu dapat mengunduhnya dengan mudah.

dengan menggunakan Snipping Tool Kamu dapat mengambil screenshot gambar dengan ukuran sesukamu, jadi kamu tidak perlu mengedit gambar screenshot tersebut terlebih dahulu. Berikut ini caranya dengan menggunakan aplikasi Snipping Tool:

  • Seperti biasa, Buka halaman atau aplikasi yang ingin di screenshot, lalu buka aplikasi Snipping Tool.
  • Pada jendela Snipping Tool ada 4 mode pada menu New, yaitu:

Free-form snip, screenshot dengan bentuk yang kamu inginkan.

Rectangular Snip, Screenshot dengan 4 sisi sesuai keinginan.

Window Snip dan Full Screen Snip, merupakan pilihan dengan fungsi yang sama, yaitu untuk mengambil gambar screenhot dengan satu layar penuh.

  • Apabila kamu sudah memilih mode yang ingin kamu gunakan, gerakkan untuk mengambil bagian yang ingin di screenshot.
  • Hasil screenshot nantinya akan muncul pada jendela Snipping Tool.
  • Setelah itu, Kamu dapat memilih menu File > Save As dan simpan hasi screenshot tersebut dimanapun yang diinginkan.

Menggunakan Aplikasi PhotoScape

Cara Screenshot di Laptop
nesabamedia.com

Apabila kamu tidak dapat menggunakan tombol printscreen pada laptopmu, kamu dapat mengunduh aplikasi lainnya, aplikasi yang ini bernama Photoscape. Instal PhotoScape pada laptop. Aplikasi ini digunakan sebagai aplikasi pengeditan foto. Seperti menambah tulisan, membingkai, dan menggabungkan beberapa foto menjadi satu. Selain itu, aplikasi PhotoScape juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara screeenshot di laptop

Berikut cara menggunakan aplikasi ini:

  • Pilih halaman yang ingin di screenshot terlebih dahulu, agar hasil screenhot menampakan hasil layar yang ingin kamu tampilkan.
  • kemudian buka aplikasi PhotoScape > klik icon Screen Capture atau Menangkap Layar
  • setelah itu kamu akan melihat kotak dialog yang menampilkan pilihan, seperti Menangkap Utuh Satu Layar, Menangkap Jendela, Mengkap Area dan Mengulang Tangkapan Terakhir.
  • Setelah menentukan mode mana yang akan kamu gunakna, seperti Menangkap Utuh Satu Layar
  • Hasil gambar akan ditampilkan, Kamu dapat mengedit sesuka hati terlebih dahulu baru disimpan.
Baca Juga :   Belum Tahu? Begini Loh Cara Naik Pesawat

Itulah beberapa cara untuk bisa screenshot di laptop yang dapat kamu gunakan dengan menggunakan fitur yang telah disediakan dengan menggunakna tombol Printscreen ataupun tidak.

Bagikan ke teman teman kalian jika artikel Cara Screenshot di Laptop ini bermanfaat dan membantu. Kebaikan anda solusi untuk mereka. Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan artikel ini. Terimakasih semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *