negara dengan pendidikan terbaik

Negara Dengan Pendidikan Terbaik, Bagaimana Dengan Indonesia ?

Negara Dengan Pendidikan Terbaik – Halo Sobat IDNPintar, apa kabar hari ini? Tetap semangat menjalani hari dan jangan lupa selalu bahagia ya!. Pendidikan, merupakan hak bagi setiap warna negara dan menjadi sangat penting bagi kehidupan manusia. Bagaimana sebuah negara dengan pendidikan terbaik nya mampu membawa warganya menuju kehidupan yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah.

Tanpa pendidikan yang cukup, manusia akan sulit bertahan di dunia yang keras. Pendidikan yang baik akan mempengaruhi intelektualitas seorang individu, dan itulah yang membedakan kita dengan manusia primitive yang belum mengenal dunia pendidikan. Pendidikan yang baik juga akan mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Karena pendidikan merupakan hal yang sangat penting, maka negara memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan system yang akan diterapkan. Negara dengan pendidikan terbaik akan memberikan kualitas hidup yang baik bagi warga nya. System pendidikan yang baik tersebut meliputi kurikulum yang berkualitas, sarana dan prasarana yang mendukung serta biaya sekolah yang murah.

Nah, dibawah ini IDN Pintar merangkum negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Negara mana saja yang memiliki system pendidikan terbaik? Simak sampai selesai ya!.

Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia

Finlandia

negara dengan pendidikan terbaik

Ketika membicarakan masalah pendidikan, semua pasti setuju kalau negara Finlandia merupakan negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Walaupun sekolah dan kampus di negara ini masih kalah tenar dengan Inggris atau Amerika Serikat, namun dari segi system dan kualitas pendidikan, Finlandia adalah yang terbaik.

Apa yang membuat pendidikan di negara berpenduduk 6 juta jiwa ini begitu terkenal dengan kualitasnya ?.

Di negara ini, jangan harap akan menemukan siswa yang malas ke sekolah. Kurikulum pendidikan di Finlandia dirancang untuk membuat para siswa merasa nyaman dan betah belajar. Proses belajarnya santai dan tanpa tekanan dengan jumlah jam yang tidak terlampau banyak, didukung oleh staf pengajar yang menguasai bidangnya masing – masing. Dengan system pendidikannya ini, Finlandia memiliki tingkat literasi, pemahaman dan kelulusan yang tinggi di berbagai bidang terutama bidang sains dan matematika.

Tak heran jika Finladia terkenal sebagai salah satu negara Eropa yang memiliki banyak tenaga ahli dan kaum terpelajar yang mampu berbagi ilmu dan keterampilan di berbagai negara.

Keren Ya?, siap belajar di Finlandia ?.

Inggris

Negara dengan pendidikan terbaik berikutnya adalah negara Inggris. Di negara ini bertebaran lembaga pendidikan kelas dunia seperti Oxford, Cambridge, College Londol dan sebagainya. Hal ini membuktikan keunggulan negara Inggris di bidang pendidikan yang terbaik sejak abad pertengahan. Inggris terkenal dengan keunggulan di bidang kedokteran, sains, astronomi, sejarah, olahraga hingga kesenian.

Para siswa dan siswi dari seluruh dunia berbondong-bondong berdatangan ke negara ini untuk menuntut ilmu, oleh karena itu daftar waiting list untuk pengajuan visa pelajar pun menjadi panjang. Sobat harus mendaftar jauh-jauh hari jika ingin mendaftarkan diri melanjutkan sekolah di negara Inggris karena harus mengantri bersama para pelajar dari seluruh dunia.

Sekolah – sekolah di Inggris memiliki tenaga pendidik yang sangat kompeten dan professional di bidang mereka masing-masing. Mulai dari professor, doctor, pakar seni dna budaya, ahli astronomi, ahli penerbangan, ahli hukum, ahli kedokteran hingga atlet professional ada semua disini.

Tertarik untuk sekolah di Inggris ?, persiapkan diri sejak sekarang ya.

 Amerika Serikat

Negara dengan pendidikan terbaik berikutnya adalah negara yang dijuluki Negeri Paman Sam yaitu Amerika Serikat. Amerika Serikat memiliki sederet sekolah dan universitas kelas atas seperti Harvard, Stanford, Johns Hopkins dan sebagainya. Ini jadi bukti betapa dunia pendidikan di Amerika Serikat sangat maju dan diminati siswa di seluruh dunia.

System pendidikan di Amerika Serikat diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia dan hampir semua bidang pendidikan, ilmu terapan dan eksakta dapat dipelajari secara mendalam di sini.

Namun, biaya untuk melanjutkan pendidikan di negara ini cukup tinggi. Sehingga banyak siswa dari berbagai negara menggunakan jalur beasiswa untuk dapat mengenyam pendidikan yang berkualitas di beberapa sekolah dan universitas di negara ini, termasuk siswa-siswa dari Indonesia.

Saat ini sudah banyak pihak yang menyediakan beasiswa penuh untuk belajar di negara berpopulasi 330 juta jiwa ini. Dengan adanya beasiswa penuh, siswa tinggal memikirkan sedikit tambahan biaya yang bisa didapatkan dari pekerjaan paruh waktu yang boleh dilakukan dengan syarat tertentu.

Kanada

negara dengan pendidikan terbaik

Kanada menjadi salah satu negara dengan pendidikan terbaik di dunia dan menurut berita yang dilansir oleh The Daily Hive Vancouver, Kanada menempati posisi ke-3 sebagai negara dengan system pendidikan terbaik di dunia. Keren ya.

Apa sih yang membuat negara dengan populasi 40 juta jiwa ini memiliki predikat sebagai negara terbaik di dunia untuk urusan pendidikan dan studi lanjutan?. Negara ini ternyata mengadopsi system pendidikan yang sangat professional namun tidak membebani para siswa nya dengan tugas  – tugas yang sangat berat. Para pengajar di negara ini harus focus pda bidang mereka masing – masing.

Dengan demikian, selain para siswa menjadi rileks, mereka pun menikmati kegiatan pembelajaran dan setiap materi dapat diserap dengan baik. Begitupun para pengajarnya, menyampaikan materi pendidikan dengan tertata, professional dan sangat focus.

Nah, berminat mengenyam pendidikan di negara ini?, Sobat bisa menempuh jalur beasiswa atau biaya pribadi untuk menikmati pendidikan dengan suasana yang menyenangkan disini.

Australia

Australia tercatat sebagai salah satu negara makmur dan menjadi negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Banyak siswa dari berbagai belahan dunia, termasuk dari Indonesia yang dating ke Australia untuk mengenyam pendidikan di sana. Bagaimana caranya negara dengan jumpalh populasi 26 juta jiwa ini menyusun strategi di dunia pendidikan?.

Laman Study In Australia menyebutkan bahwa system pendidikan di negara ini dibuat seragam untuk menjaga agar kualitasnya tetap sama dan seragam di semua jenjang.

Di negara ini seorang anak yang telah berusia 6 tahun akan diwajibkan untuk mengikuti jenjang pendidikan dasar. Wajib belajar diberlakukan untuk semua anak usia 6 hingga 16 tahun dengan jenjang sekolah dasar dan menengah, atau biasanya mereka akan duduk di bangku sekolah pada tahun ke 1 hingga tahun ke 10.

Setelah mereka menuntaskan tahun ke-10 masa pendidikannya, semua siswa memiliki hak yang sama untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Beberapa sekolah dan universitas di Australia cukup terkenal di Indonesia, dan banyak siswa Indonesia yang mengenyam pendidikan di negara ini.

Belanda

negara dengan pendidikan terbaik

Belanda ternyata sangat memperhatikan system pendidikan di negaranya, seolah tidak mau kalah dengan negara Eropa lainnya yang terkenal sebagai surganya dunia pendidikan. Belanda turut menciptakan sebuah system pendidikan yang dapat membuatnya menjadi salah satu negara dengan pendidikan terbaik di dunia.

Menurut Nuffic (Organisasi Pendidikan Belanda), 50% dari total jumlah sekolah di Belanda mengadopsi system pendidikan bilingual atau dwibahasa yaitu dengan menggunakan Bahasa Inggris dan bahasa Belanda.

Hal ini ditujukan untuk mempersiapkan para lulusannya agar siap menghadapi tantangan global melalui kemampuan berbahasa asing. Jadi tak usah heran jika di Belanda anak-anak sudah menguasai banyak bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Perancis, Jerman dan lainnya.

Hal ini diyakini akan semakin mematangkan mental dan kemampuan para siswa untuk menghadapi tantangan global setelah mereka lulus melalui kemampuan berkomunikasi.

Jerman

Negara Jerman sangat terkenal sebagai pusatnya ilmu kedokteran, bahkan menurut jurnal sains yang diterbitkan dalam laman NCBI, sekolah kedokteran di negara Jerman masih menjadi tujuan favorit para pelajar di seluruh dunia.

Saking terkenalnya, bisa dipastikan bahwa para ahli kedokteran di berbagai Rumah Sakit di seluruh dunia, pasti pernah mengenyam pendidikan kedokteran di Jerman.

Banyak pelajar dari berbagai negara yang berduyun-duyun mendaftarkan diri mereka untuk menikmati pendidikan di Jerman. Umumnya, mereka memilih studi lanjutan seperti kedokteran, otomotif, teknik mesin, ilmu penerbangan dan ilmu perkapalan.

Salah satu presiden RI yaitu bapak BJ Habibie pun pernah  menimba ilmu di negara ini.

Baca Juga :   Hebat! 5 Negara dengan Teknologi Tercanggih di Dunia

Jepang

 

Tidak kalah dengan negara-negara di benua Amerika dan Eropa, negara Jepang pun menempatkan diri sebagai negara dengan pendidikan terbaik di Asia dan di dunia, berkat system pendidikan karakter yang telah membawa masyarakat Jepang sebagai penduduk paling disiplin di dunia.

Negara Jepang menerapkan system pendidikan yang sangat professional dengan pakem yang sangat kuat. Standarisasi yang dibuat pun tinggi dan semuanya diterapkan untuk menciptakan lulusan yang berkualitas demi kemajuan bangsa mereka.

Karakter yang disiplin, pekerja keras dan berkemauan kuat, cerdas dan melek teknologi, merupakan kunci yang membawa Jepang sebagai salah satu negara makmur yang kuat di Asia dan di akui di dunia.

Israel

Laman berita CNBC melansir informasi yang menyebutkan bahwa Israel memiliki 49,90 % warga yang memiliki latar belakang pendidikan pasca sarjana atau studi lanjutan untuk bidang keilmuan tertentu. Hal ini jauh melampaui negara Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa lainnya. Dan ini menguatkan posisi Israel sebagai negara dengan populasi warga berpendidikan terbesar di dunia.

Data dari Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) juga menilai sebaik apa system pendidikan di Israel untuk jenjang universitas. Di Israel terdapat banyak akademi dan universitas kelas dunia yang menjadi tujuan para siswa dan kalangan akademisi dari berbagai belahan dunia.

Denmark

Laman CEO World mencatat negara Denmark sebagai negara dengan system pendidikan terbaik di dunia. Salah satu negara Eropa dengan jumlah penduduk hanya 6 juta jiwa ini menempati peringkat ke-7 negara dengan pendidikan terbaik di Eropa dan juga di dunia.

Beberapa sekolah di Denmark sudah diakui memiliki kurikulum pembelajaran terbaik. Bahkan beberapa negara pun mulai mengadopsi system pendidikan Denmark dan menerapkannya di negara mereka masing-masing.

Sebagaimana halnya negara Skandinavia lainnya, jam belajar di Denmark tidak terlalu panjang, namun terbukti para guru disana dapat mengaplikasikan pembelajaran dengan sangat efektif. Hal ini tentu didukung oleh para orangtua di rumah sehingga tingkat keberhasilan pengajaran dapat diraih.

Swiss

Negara Swiss tidak hanya terkenal dengan produk jam tangannya saja, namun juga terkenal dengan system pendidikannya yang menjadikan Swiss sebagai salah satu negara dengan pendidikan terbaik di dunia.

Bahkan, standar pendidikan dan sekolah Internasional yang ada di Swiss memiliki standar yang sangat tinggi dan lebih tinggi dari negara-negara tetangganya.

Berbeda dengan Indonesia, pendidikan di sekolah negeri dan sekolah swasta di Swiss memiliki kualitas yang sama sehingga banyak warganya yang mengenyam pendidikan di sekolah negeri. Hal ini disebabkan pendapatan negara yang sangat besar memungkinkan Swiss untuk mengalokasikan dana yang lebih dari cukup untuk sector pendidikan di negaranya.

Selandia Baru

Negara Selandia Baru yang letaknya berdekatan dengan Australia dan juga Indonesia ini, memiliki kepedulian dan perhatian yang tinggi di bidang pendidikan. Bahkan, standar pendidikan di negara ini sudah menyamai standar pendidikan di negara-negara Eropa. Bidang yang menjadi favorit adalah Jurusan Keuangan, Teknologi, Sains, Sejarah dan Hukum.

Di negara ini, system edukasi yang diterapkan juga bersifat heterogen karena terdapat beragam etnis, agama, suku dan kebudayaan yang ada di masyarakat Selandia Baru. Namun semua dapat berbaur dengan baik tanpa memperdulikan perbedaan diantara mereka.

Swedia

Pemerintah Swedia membagi system pendidikan dasar di negaranya menjadi empat tingkatan atau jenjang. Anak-anak yang berusia 1 – 5 tahun akan mengikuti program pendidikan prasekolah atau forskola, kemudian setelah menyelesaikan jenjang forskola mereka akan mengikuti jenjang yang lebih tinggi yaitu forskoleklass atau jenjang Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Sesudah itu para siswa dapat mengikuti jenjang sekolah menengah (mellanstadiet) dan sekolah lanjutan atau hogstadiet.

Setelah mereka menyelesaikan semua jenjang pendidikan dasar, hampir semuanya akan melanjutkan studi sesuai dengan jurusan yang diminati masing-masing. Dengan standar yang tegas dan baku, pemerintah dapat menjaga kualitas pendidikan di negara Swedia ini tetap terkontrol dengan baik dan tentunya tetap berkualitas.

Singapura

 

Singapura merupakan negara kecil namun memiliki kekuatan dan disegani tidak hanya di Asia namun juga di dunia. Dikenal sebagai destinasi wisata belanja bagi para turis dari berbagai dunia, nyatanya pemerintah Singapura tidak hanya peduli pada sekotor pariwisata saja namun juga mengedepankan pendidikan sebagai garda utama kemajuan bangsanya. Tidak heran, negara ini lantas diakui sebagai salah satu negara dengan pendidikan terbaik di dunia.

Keseriusan pemerintah Singapura dalam mengelola pendidikan, telah membawa negara kecil ini menjadi negara yang sangat diperhitungkan di kancah dunia. Kurikulum pendidikan yang diterapkan di Singapura berpusat pada problem solving atau pemecahan masalah dan pengembangan keahlian khusus yang tidak diajarkan di universitas manapun di negara lain. Hal ini berdampak pada kualitas lulusan yang benar-benar memiliki kompetensi dan daya saing yang dapat diadu secara global.

Prancis

Pemerintah Prancis mengalokasikan sebesar 21% dari total anggaran nasional untuk sector pendidikan. Hal ini menunjukan bahwa Prancis memiliki perhatian yang besar terhadap dunia pendidikan dan menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama. Prancis sendiri memiliki sebuah universitas yang disebut-sebut sebagai universitas tertua di dunia yaitu Paris University.

Negara dengan jumlah penduduk 68 juta jiwa ini melepaskan diri dari pengaruh gereja Katolik sejak awal abad pertengahan, dan sejak terjadinya Revolusi Prancis maka system pendidikan di negara ini semakin berkembang dan maju dengan pesat. Kini sector pendidikan kian maju dibawah kendali Kementrian Pendidikan.

Korea Selatan

Tak hanya terkenal dengan dunia hiburannya saja, negara Korea Selatan juga terkenal dengan kualitas pendidikannya. Bahkan, Korea Selatan berhasil mengalahkan Jepang sebagai negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Padahal model pendidikan di Korea Selatan berlaku selama tujuh hari kerja yang artinya para siswa di negara ini bahkan tidak memiliki jadwal libur. Walaupun pengembangan karakter untuk pendidikan anak usia dini di Jepang sangat ketat, namun belum mampu menandingi Korea Selatan.

Anggaran untuk sector pendidikan di Korea Selatan juga sangat tinggi. Anggaran pendidikan nasional disana pada tahun 2014 saja sudah mencapai hingga 11 milliar dolar AS atau setara dengan Rp. 150 trilliun. Korea Selatan memiliki tingkat melek huruf yang hampir sempurna untuk warganya yaitu sebesar 97,9% dengan komposisi laki-laki 99,2 persen dan wanita 96,6%.

Rusia

Negara Rusia merupakan salah satu negara dengan pendidikan terbaik di dunia yang memiliki tingkat melek huruf warganya mencapai 100%. Tenaga kerja yang berasal dari Rusia pun terkenal sangat cakap, professional dan memiliki integritas yang tinggi dalam bekerja.

Hal ini membuat Rusia sangat disegani dan banyak negara berusaha mengadopsi system pendidikan yang diterapkan di negara ini.

Lalu bagaimana dengan system pendidikan di Indonesia?, walaupun Indonesia tidak termasuk kedalam jajaran negara dengan pendidikan terbaik di dunia, namun diharapkan pemerintah tetap berupaya memperbaiki system yang ada, dengan kurikulum yang lebih terarah dan tidak sering bergonta ganti system dan kebijakan seiring dengan pergantian pemegang kekuasaan.

Pemerintah harus lebih memperhatikan model pendidikan yang tepat, peduli dengan kesejahteraan dan profesionalitas tim pengajar serta peduli dengan output atau lulusan yang akan dihasilkan dari model pembelajaran yang dianut.

Semoga dunia pendidikan di Indonesia semakin berkembang dan maju, dan bisa disejajarkan dengan negara lain yang memiliki system pendidikan terbaik di dunia. Aamiin.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *