Tips Beli Motor Bekas
lifestyle.kontan.co.id

Tips Beli Motor Bekas Terjamin dan Terpercaya

Tips Beli Motor Bekas Halo sobat IDN Pintar, apakah kalian sedang mencari motor seken? Jika iya, disini kami akan mencoba membantu memberikan tips untuk memilih motor seken agar kamu tidak ditipu oleh sang penjual. Lalu, apasaja sih tips beli motor bekas agar terjamin dan terpercara?

Nah, IDNPintar akan memberikan informasinya di bawah ini. Untuk penjelasan lebih lengkap mari simak ulasannya berikut.

Tips Beli Motor Bekas

Tips Beli Motor Bekas
pikiran-rakyat.com

Ketika akan membeli barang second dari orang lain, tentulah kita tidak mau tertipu begitu saja apalagi jika barang yang ingin kita beli harganya tidaklah sedikit. Tentu sebelum membeli kamu akan melihat – lihat terlebih dahulu baru kemudian menyepakti akad jual beli barang yang ingin kamu beli tersebut.

Nah, tentu saja ada tips agar kamu bisa membeli motor dengan aman tanpa takut ditipu atau dibohongi. Ada banyak cara untuk mengetahui barang tersebut layak atau tidak untuk dibeli dengan mengikuti tips beli motor bekas versi IDNPintar ini.

Jika kamu sudah tahu tips beli motor bekas ini tentu kamu akan lebih mudah dalam memikirkan. Maksudnya kamu tidak perlu ragu – ragu lagi terhadap barang yang akan kamu beli ini. Nah, simak penjelasan tips membeli motor bekas di bawah ini

Pilih Motor yang Sesuai dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah memilih terlebih dahulu motor mana yang kamu butuhkan. Mengapa yang dibutuhkan? Karena jika kamu membeli karena butuh, barang tersebut akan jauh lebih bermanfaat Ketika digunakan. Misalnya saja kamu membeli motor bekas karena ingin kerja sambilan menjadi driver ojek online. Ketika motor yang dibutuhkan adalah motor dengan ukuran yang besar agar bisa muat banyak untuk membawa makanan, barang ataupun penumpang. Tentu hal tersebut akan lebih bermanfaat bukan?

Baca Juga :   Cara Merawat AC Mobil Anda Supaya Tetap Dingin

Cari Penjual yang Terpercaya

Kamu bisa mencari motor bekas di deler motor jika ingin mendapatkan barang dengan penjual yang bertanggung jawab. Namun, jika kamu merasa harga motor bekas di orang lain lebih murah kamu bisa saja membelinya. Namun,ada hal yang harus kamu perhatikan.

Jika kamu mencari motor tersebut melalui facebook dengan system COD, kamu pastikan terlebih dahulu orang tersebut memiliki alamat juga identitas yang jelas. Mengapa? Karena ketika seandainya kamu ditipu kamu bisa dengan mudah mencari orang tersebut karena sudah mengetahui orangnya. Tapi, pastikan identitasnya asli ya sobat.

Tau Harga Pasaran Motor Bekas

Tips yang berikutnya adalah kamu harus mengetahui berapa harga pasaran motor bekas yang biasanya orang – orang jual. Harga motor bekas ini biasanya tergantung dengan tahun berapa motor ini keluar di pasaran.

Mengapa mengetahui harga pasaran ini penting? Karena jika penjual menawarkan harga yang lebih dari biasanya, takutnya motor tersebut dalam kondisi  kurang baik (maaf banyak cacatnya). Tentu hal tersebut tidak diinginkan terjadi, apalagi jika sudah terlanjur bayar uang muka. Jadi pastikan dulu ya sobat.

Periksa Surat-Surat Kendaraan

Surat kendaraan tentulah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan. Karena surat-surat tersebut menjadi bukti bahwa kamu adalah pemilik yang sah dari kendaraan tersebut. Surat-surat ini antara lain STNK dan BPKB.

Adanya STNK dan BPKB inilah yang menjadi bukti bahwa motor kamu adalah milikmu sendiri. Karena motor dengan surat-surat yang tidak lengkap biasanya adalah motor hasil curian atau motor bekas kejahatan lainnya. Jadi jangan lupa memeriksa surat-suratnya dengan seksama.

Periksa Nomor Rangka Dan Nomor Mesin

Tips yang berikutnya yaitu kamu jangan sampai terlewat untuk memeriksa nomor rangka dan nomor mesinnya. Karena apabila nantinya ditemukan adanya ketidak cocokan huruf dengan nomor mesin atau rangka ini bisa menjadi suatu masalah yang bisa berakibat fatal. Nah, hal ini juga termasuk salah satu ketakutan apabila ternyata motor ini adalah motor curian. Mengapa tidak? Karena adanya ketidak cocokan ini tidak menutup kemungkinan bukan?

Baca Juga :   Tips Solo Traveling Agar Liburan Tetap Seru dan Menyenangkan

Cek Keadaan Badan Motor

Tips beli motor berikutnya adalah kamu harus sangat teliti mengecek kondisi motor yang akan kamu beli. Bisa saja kan adanya penyok atau rusak dibagian tertentu yang bisa berakit fatal pada saat digunakan. Apalagi misalnya terdapat banyak sekali lecet atau penyok malah harga jualnya mahal. Jika tidak teliti maka nantinya bisa menyesal. Jika perlu saat akan melakukan transaksi jual beli motor ini kamu bisa mengajak keluarga, sahabat atau teman untuk membantumu mengecek keadaan atau kondisi motor sehingga akan memudahkan dan mempersingkat waktu.

Periksa Oli Motor

Kamu ternyata juga harus memeriksa kondisi oli motor loh sobat. Kamu bisa meminta si penjual untuk membantumu dalam memeriksa kondisi oli ini. Karena oli ini juga merupakan salah satu hal yang penting bagi motor. Bisa saja oli sudah lama tidak diganti sehingga membuat motor jadi mudah mogok atau mengalami masalah lainnya. Oli yang sering diganti tentunya akan membuat mesin motor terhindar dari kerusakan mesin yang parah.

Periksa Dan Rasakan Perpindahan Gigi

Tips berikutnya adalah tips untuk kamu yang akan membeli motor bukan matic atau gigi manual. Jika sudah memeriksa oli dan suara mesinnya, cobalah untuk test drive motor yang akan kamu beli tersebut. Kamu coba rasakan perpindahan giginya mulai dari gigi satu kedua secara perlahan dan kamu juga harus perhatikan bahwa perpindahan yang terjadi halus dan tidak keras atau kasar apalagi susah. Karena jika terasa aneh saat melakukan perpindahan  itu berarti kampas koplingnya harus segera diganti.

Sistem Kelistrikan Harus Normal

Nah, tips beli motor berikutnya adalah kamu harus memeriksa system kelistrikan pada motor yang akan kamu beli adalah normal. Kamu bisa melakukannya dengan cara seperti menyalakan lampu depan, lampu belakang, lampu rem, lampu sein serta lampu panel dan juga klakson. Pastikanlah bahwa starternya bekerja dengan baik. Jika tidak bisa berfungsi itu artinya sistem kelistrikannya tidak normal atau terjadi maslaah pada baterai atau sekring motor.

Baca Juga :   Tips Aman Saat Naik Pesawat Dimasa Pandemi

Periksa Pernah Mengalami Kerusakan Atau Tidak

Tips yang terakhir adalah kamu harus tanya kepada sang pemilik motor apakah motor yang dijualnya tersebut pernah mengalami kerusakan atau tidak. Karena tidak menutup kemungkinan bisa saja penyakit kerusakan motor tersebut kambuh lagi. Kamu bisa mulai mengecek degan memasang standar dua di permukaan yang rata kemudian perhatikan jika roda depan dan belakang sejajar. Perhatikan juga jika stang, bodi dan roda selaras.

Kesimpulan

Namanya motor second atau bekas biasanya memiliki kekurangannya masing-masing. Terlebih motor tersebut sudah lama dipakai dan juga sering digunakan. Namun apa salahnya kita mengikuti tips tips untuk membeli motor bekas agar kita merasa lebih aman dan juga percaya pada sang penjual motor.

Itulah informasi mengenai tips beli motor bekas yang mungkin akan berguna dan bisa membantu kamu yang akan segera membeli motor second.

Bagikan ke teman teman kalian jika artikel ini bermanfaat dan membantu. Kebaikan anda solusi untuk mereka. Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan artikel ini. Terimakasih semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *