ukuran garasi mobil

Ukuran Garasi Mobil Yang Tepat Untuk Anda

IDNPINTAR.COM – Hai Sobat IDNPintar ! mungkin Sobat sedang mempertimbangkan untuk membuat rumah atau merenovasi rumah yang sudah Sobat miliki. Saat membangun rumah, jangan lupa pula untuk memikirkan keberadaan garasi yang tentunya harus direncanakan ukuran garasi mobil tersebut sebelum pembangunan rumah berjalan. Bagi Sobat yang memiliki kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, keberadaan garasi merupakan aspek penting yang harus diertimbangkan.

Jika sobat memiliki kendaraan roda empat, tentunya sangat penting untuk menyiapkan garasi agar kendaraan anda diparkir pada tempat yang seharusnya dan tidak mengganggu kepentingan umum dan menimbulkan ketidaknyamanan pada lingkungan.

Kita sering melihat banyak pemilik kendaraan memarkir kendaraan dipinggir jalan di deoan rumahnya karena tidak memiliki garasi yang layak bagi kendaraannya. Hal ini tentu saja sangat tidak nyaman baik bagi pengguna jalan lainnya maupun bagi si pemilik kendaraan karena jika memarkir mobil dijalan, maka tidak ada yang dapat menjamin keamanan kendaraannya meskipun diparkir dijalanan depan rumah. Kendaraan tersenggol hingga baret bahkan hilang dicuri, merupakan resiko yang mungkin saja terjadi.

Jika Sobat tinggal di kota besar maka akan terkena masalah jika tidak mmeiliki garasi dan memarkir kendaraan di pinggir jalan.  Pemerintah Daerah Provinsi Jakarta dan Pemerintah Kota Depok telah mengeluarkan peraturan terkait kewajiban memiliki garasi bagi warga yang memiliki kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Peraturan ini menghimbau para pemilik kendaraan untuk memarkir kendaraannya didalam garasi. Bukan di bahu jalan atau di tempat – tempat yang akan mengganggu kenyamanan publik. Jika Sobat IDNPintar melanggar aturan ini, siap – siap mengeluarkan denda sebesar Rp. 2 juta rupiah.

Di beberapa kota – kota lainnya, peraturan serupa juga mulai diberlakukan. Hal ini untuk membuat agar para pemilik kendaraan baik roda dua maupun roda empat lebih tertib dan bertanggung jawab dalam menyediakan tempat untuk memarkirkan kendaraan masing – masing, selain menjaga agar kendaraan tersimpan dengan aman, sehingga dapat mengurangi resiko kejahatan.

Mengingat pentingnya keberadaan garasi di rumah, maka dari itu sangat penting untuk mempersiapkan garasi sebelum memutuskan membeli unit mobil yang diinginkan. Ketika membuat garasi pun, tidak bisa sembarangan mengukur ukuran garasi yang akan dibuat. Sobat harus bisa menyiapkan sebuah ukuran garasi yang ideal dan nyaman bagi kendaraan anda. Jika anda memiliki mobil dengan ukuran besar tentu saja anda tidak dapat menyiapkan garasi dengan ukuran kecil.

Contoh mudahnya saja, jika mobil anda berjenis SUV seperti Pajero Sport, maka anda tidak dapat menyiapkan ukuran garasi seukuran Toyota Yaris, karena tentu saja ukuran garasi anda akan terlalu kecil.

Maka sebelum anda membuat ukuran garasi, sebaiknya dipastikan dahulu ukuran mobil yang anda miliki agar mobil anda bisa disimpan dengan aman dan nyaman didalam garasi tersebut.

Berapakah ukuran garasi yang ideal bagi kendaraan dan rumah anda ?

Hal ini tentu saja, sekali lagi, tergantung dari jenis mobil yang anda miliki.

Ukuran Garasi Untuk Mobil Van dan SUV

Jika Sobat IDNPintar memiliki mobil dengan tipe van atau SUV yang berukuran besar, maka Sobat akan memerlukan ukuran garasi dengan dimensi :

  • Panjang : 5 meter hingga 6 meter
  • Lebar             : 2 meter hingga 2,6 meter
  • Tinggi : 2,5 meter hingga 3 meter

Ukuran garasi ini juga ideal untuk kendaraan model pick up double cabin seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan model MPV seperti Kijang Innova, Serena, Avanza, Xenia.

Ukuran Garasi Untuk Mobil  MPV dan SUV medium

Jika Sobat memiliki mobil dengan golongan MPV dan SUV medium, maka akan memerlukan ukuran garasi dengan dimensi :

  • Lebar : 2 meter hingga 2,5 meter
  • Panjang : 5 meter hingga 5,5 meter
  • Tinggi : 2,5 meter hingga 3 meter

Ukuran garasi sebesar ini cocok untuk kendaraan MPV hatchback, mobil berukuran kecil jenis city car atau LCGC seperti Agya dan Ayla, Toyota Yaris, Honda Brio, Honda Jazz atau Suzuki Swift.

Ukuran Garasi Untuk Mobil Kecil

Jika Sobat memiliki kendaraan roda empat yang berukuran kecil seperti sedan, maka ukuran garasi yang Sobat butuhkan adalah :

  • Lebar : 1,5 meter hingga 2 meter
  • Panjang : 4,3 meter hingga 5 meter
  • Tinggi : 2,5 meter hingga 3 meter

Terkadang Sobat bisa saja terjebak dalam situasi dimana saat ini memiliki mobil berukuran sedan namun suatu saat ingin berganti kendaraan menjadi mobil keluarga ?. jika Sobat merasa ragu dengan pilihan mobil di masa depan, sebaiknya anda memilih ukuran garasi yang sekiranya cocok untuk ukuran mobil keluarga yang jadi idaman nantinya, meskipun saat ini kendaraan yang di miliki berjenis sedan.

Lalu jika Sobat memiliki dua buah kendaraan roda empat, berapa ukuran garasi yang harus di miliki ?.

Jika Spbat berada dalam situasi seperti ini maka setidaknya Sobat  harus memiliki garasi berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang dan lebar yang sama yaitu antara 6 meter hingga 6,5 meter.

ukuran garasi mobil

Hal ini dimaksudkan agar Sobat dapat memarkir mobil secara berdampingan dan masih memiliki ruang antar mobil untuk membuka pintu dan memiliki cukup ruang untuk keluar masuk garasi.

Kemudian jika  memiliki kendaraan yang terdiri dari 1 mobil dan 2 motor, berapa ukuran garasi yang harus di siapkan ?.

Jika sobat memiliki masalah seperti ini, maka Sobat harus menyiapkan garasi dengan ukuran kira – kira 6 m x 4 m x 3 m. Ukuran Garasi ini dibuat secara memanjang dengan posisi parkir motor disamping mobil sehingga akan memudahkan pada saat kendaraan keluar masuk.

Jika sudah mengetahui berapa ukuran garasi yang ideal bagi kendaraan yang dimiliki, maka langkah selanjutnya yang harus di lakukan untuk mempersiapkan garasi adalah :

  • Pertimbangkan jenis lantai yang akan dipasang di garasi. Gunakan lantai dengan permukaan yang keras dan kasar, agar tidak licin pada saat lantai terkena air.
  • Perhatikan sirkulasi udara yang baik di dalam garasi, hal ini penting untuk menghindari kumpulan asap knalpot mobil yang akan masuk kedalam rumah karena di dalam garasi tidak ada ventilasi yang cukup. Seperti kita ketahui, asap knalpot mengandung gas yang berbahaya jika terhirup manusia.
  • Perhatikan aspek pencahayaan. Dengan cahaya yang baik, aktivitas anda di dalam garasi seperti pada saat parkir atau ingin mengecek kondisi mobil, bisa anda lakukan tanpa kendala.
  • Perhatikan keamanan garasi. Fungsi dari garasi adalah memberikan perlindungan kepada kendaraan yang tersimoan didalamnya. Perlindungan ini termasuk perlindungan dari sinar matahari, air hujan dan juga maling. Karena itu pastikan garasi anda aman dan tidak bocor. Lengkapi pintu garasi dengan kunci yang memadai untuk menghindari pencurian.

 

Kita harus membuat garasi dengan ukuran yang tepat dan sesuai kebutuhan, dan hal ini  merupakan hal yang wajib dilakukan agar kendaraan anda tersimpan dengan aman. Namun seringkali masalah garasi ini terbentur dengan luas lahan yang dimiliki.

ukuran garasi mobil

Tidak semua pemilik kendaraan memiliki luas yang cukup untuk membuat garasi ideal di rumahnya. Apalagi jika pemilik kendaraan tinggal di perumahan dengan tipe rumah yang kecil dan halaman yang sempit. Biasanya developer hanya menyediakan carport dengan ukuran yang seringkali tidak sesuai dengan ukuran kendaraan yang dimiliki.

Jika beruntung, beberapa perumahan menyediakan fasilitas garasi bersama. Di beberapa tempat ada juga yang menyewakan bangunan besar untuk digunakan sebagai garasi bersama dengan biaya sewa yang disepakati. Hal ini bisa menjadi solusi bagi Sobat yang memiliki kesulitan mengenai lahan.

Namun jika tidak beruntung, tentu saja kita harus berpikir lebih keras agar kendaraan  dapat terparkir digarasi secara aman tanpa harus melanggar peraturan daerah dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang lain.

Nah sekarang sudah tahu berapa ukuran garasi yang ideal bagi rumah Sobat dan pentingnya memiliki garasi dengan ukuran garasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kita.   Semoga informasi ini bermanfaat ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *